Serba-Serbi Manfaat Seks bagi Kesehatan Pria dan Wanita


Hubungan sex yang sehat dengan pasangan sah sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan. Salah satu manfaat (berhubungan badan) sex adalah untuk melampiaskan atau memenuhi kebutuhan biologis seseorang.
Sex, bila dilakukan secara normal dan cukup, tentu dapat menambah keharmonisan rumah tangga, namun bila dilakukan secara berlebihan, sex tentu saja dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan akan lebih rentan terhadap infeksi.

Beberapa manfaat sex untuk kesehatan

Berikut ini adalah 17 manfaat sex bagi pasangan suami istri yang sah. Bagi yang belum sah, lebih baik disah-kan dulu saja, agar tidak dosa :)
  1. Seks mempengaruhi keseimbangan mental dan emosi. Dalam kasus depresi ringan, setelah anda berhubungan seks otak akan melepaskan endorfin yang mengakibatkan stres menurun dan berganti menjadi perasaan bahagia.
  2. Seks bisa menjadi perawatan kecantikan bagi wanita. Saat berhubungan seks, estrogen yang terdapat dalam tubuh wanita meningkat menjadi dua kali lipat. Dan hal tersebut akan membuat rambut anda menjadi bersinar dan kulit menjadi lembut.
  3. Keringat yang kelaur saat melakukan hubungan seks dapat membersihkan pori-pori dan membuat kulit terlihat lebih cerah serta dapat mengurangi resiko perkembangan dermatitis.
  4. Seks dapat menurunkan berat badan. Sebuah sesi hubungan seks dapat membakar sekitar 200 kalori atau sama dengan berjalan diTreadmill selama 15 menit.
  5. Seks dapat memperkuat otot tubuh. Dalam berhubungan seks banyak gerakan-gerakan (stunts) yang dilakukan, hal tersebut dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot tubuh.
  6. Semakin aktif kehidupan seks anda, maka akan membuat anda terlihat lebih menarik dihadapan lawan jenis anda. Aktifitas seks yang tinggi dapat melepaskan feromon, zat kimia yang dapat menarik lawan jenis.
  7. Berhubungan seks dapat mempertajam indra penciuman. Setelah orgasme, peningkatan hormon prolaktin membuat sel-sel batang otak membentuk neuron baru pada saraf penciuman yang mengakibatkan meningkatnya indra penciuman.
  8. Seks dapat meredakan nyeri. Berhubungan seks dapat menghilangkan nyeri sepuluh kali lebih efektif dibanding dengan obat penghilang rasa sakit. Sebelum orgasme, kadar hormon eksitosin meningkat lima kali lipat kemudian melepaskan endorfin. Migren juga menurun karena tekanan pembuluh darah pada otak menurun ketika berhubungan seks.
  9. Berciuman dapat membersihkan mulut. Pada saat berciuman, air liur yang keluar dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat dintara gigi dan dapat menurunkan kadar asam didalam mulut, penyebab utama kerusakan gigi.
  10. Suatu sesi hubungan seks yang baik dapat menjadi obat bagi hidung yang tersumbat. Antihistaminic alami dapat membantu mengobati asma dan demam tinggi.
  11. Hormon yang dilepaskan saat melakukan hubungan seks sangat baik bagi pria dan wanita. Hormon estrogen dapat melindungi jantung wanita dalam jangka panjang.
  12. Berhubungan seks secara teratur dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Membantu menyeimbangkan antara kolesterol baik dan kolesterol jahat.
  13. Seks tidak hanya menguntungkan untuk jantung, tetapi juga baik untuk sirkulasi darah terutama sirkulasi darah pada otak karena peningkatan denyut jantung dan pernapasan dalam.
  14. Aktifitas seksual menurunkan resiko terkena pilek dan flu. Berhubungan 1-2 dalam seminggu dapat meningkatkan antibodi imunoglobulin A sebesar 30% yang dapat memacu kekebalan tubuh.
  15. Setelah orgasme kita menjadi ngantuk. Ini adalah efek dari seks yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Tubuh menjadi santai sehingga membuat kita tidur nyenyak.
  16. Seks dapat mengurangi resiko terkena kanker. Suatu studi menemukan bahwa pria yang mengalami ejakulasi 13-20 kali tiap bulan memiliki risiko 14% lebih rendah mengalami kanker prostat daripada pria yang mengalami ejakulasi rata-rata antara 4-7 kali setiap bulan. Mereka yang mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali sebulan memiliki 33% penurunan risiko terkena kanker prostat daripada kelompok biasa.
  17. Berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan umur. Mereka yang lebih sering mengalami orgasme memiliki angka kematian setengah dibandingkan dengan orang yang tidak terlalu sering mengalami orgasme. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh menurunya tingkat stres setelah melakukan hubungan seks.
Nah, Adapun manfaat lainya bagi perempuan, diantaranya:

Mens menjadi teratur
Menurut studi para ahli endokrinologi di Universitas Columbia dan Universitas Stanford menemukan bahwa perempuan yang berhubungan seks setidaknya seminggu sekali terbukti membuat siklus menstruasinya lebih teratur, daripada mereka yang hanya melakukannya sebulan sekali.
Gigi lebih sehat
Yang in terkait aktifitas melakukan oral seks. Untuk itu sebaiknya sebelum melakukan seks oral pastikan tubuh dalam keadaan bersih, termasuk gigi. Dalam studi ahli tersebut cairan mani mengandung seng, kalsium, dan mineral lain yang memiliki khasiat mampu melawan kerusakan gigi.
Buang air kecil jadi terkontrol 
Keuntungan seks ternyata mampu membentuk otot-otot panggul yang menyokong rahim, kandung kemih, dan usus, sehingga mampu mengontrol buang air kecil lebih baik.
Pengurang rasa sakit
Saat mencapai orgasme, tubuh Anda melepaskan oksitosin, hormon yang bersifat menenangkan. Ketika Anda berhubungan seks makin sering, tubuh juga melepaskan endorfin, yang membantu meringankan rasa sakit dari sendi, dan kram saat menstruasi.
Seks makin sering Naikkan Gairah
Bersiaplah untuk menikmati kehidupan seksual yang makin bergairah. Sebab, Michele Weiner Davis, penulis buku The Sex-Starved Wife, mengatakan, "Makin sering Anda berhubungan intim, Anda cenderung akan makin memproduksi testosteron, salah satu hormon utama yang menciptakan hasrat seksual."
Merelakan 
Anda tergolong perempuan yang agresif, atau dominan? Hubungan seks tentu melibatkan pasangan, yang mengharuskan Anda mengontrol emosi dan perilaku di atas ranjang. Dengan seks yang hebat, Anda lebih rela diatur atau diarahkan oleh pasangan. Pendek kata, apapun demi kebahagiaan Anda berdua.
Percaya diri
"Ketika hubungan seks berjalan lancar di tempat tidur, dan Anda mampu menyenangkan pasangan, Anda akan merasa lebih percaya diri dan powerful dalam setiap tahap hidup Anda," demikian menurut Sandor Gardos, PhD, pendiri MyPleasure.com.
Memperlambat penuaan
Dalam bukunya, Secrets of the Superyoung, David Weeks, MD, pakar neurofisiologi dari Royal Edinburgh Hospital, Scotlandia, menuliskan, "Kehidupan seks yang aktif akan memperlambat penuaan." Sebab seks memperlancar peredaran darah, sehingga membuat wajah Anda berseri.
Meningkatkan kekebalan
Anda mudah terserang flu? Mungkin Anda butuh seks lebih sering. Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania mengungkapkan bahwa bercinta sekali atau dua kali seminggu akan mendongkrak sistem kekebalan tubuh hingga 30 persen. Jadi, tak perlu lagi obat-obatan pencegah flu!

Itulah manfaat berhubungan sex bagi pasangan suami istri untuk kesehatan. Bagaimana dengan anda, apa sajakah manfaat tambahan yang anda peroleh selama berhubungan sex dengan pasangan?
Sumber: Mshaquil, kompas female.



Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar