Gaji PNS 2010 Update

Esqmagazine.com - Persoalan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2010 masih belum tuntas. Deputi Bidang Sumber daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Ramli Effendi I Naibaho mengatakan, kenaikan gaji PNS masih harus mendapat izin DPR. Sebab, keputusan ini menyangkut pemakaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2010.
"Kami ingin Agustus selesai sehingga dapat diketahui kenaikan gajinya," ujarnya, Selasa (14/7) lalu.
Sayangnya, Ramli enggan membocorkan berapa kenaikan gaji PNS yang diusulkan pemerintah. Yang pasti, pemerintah akan menaikkan gaji itu sesuai dengan kompleksitas pekerjaan yang dihadapi.
Sebagai catatan, tahun ini pemerintah akan menambah sekitar 325.000 PNS baru, dengan rincian 50.000 PNS untuk pusat, dan 275.000 sisanya daerah.
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufiq Effendi menyatakan, penerimaan PNS tahun ini akan dilakukan lewat tiga jalur, yakni pengangkatan tenaga honorer, pengangkatan sekretaris desa, dan seleksi melalui pelamar umum.
Sebelumnya Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional, Masnirani Mochtar menyatakan, pemberian gaji tersebut merupakan hasil kesepakatan pemerintah dan DPR sewaktu merumuskan APBN 2009. "Sejak delapan tahun lalu, gaji ke-13 memang cair setiap Juni," katanya akhir pekan lalu.
Namun, Masnirani menjelaskan, gaji ke-13 sebetulnya merupakan bentuk subsidi pendidikan bagi PNS yang memiliki anak yang masih mengenyam pendidikan. Karena itu, pembagiannya dilakukan menjelang tahun ajaran baru sekolah.
Selain untuk membantu biaya pendidikan, Masnirani menambahkan, pemberian gaji ke-13 juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan para abdi negara. "Apakah kebijakan ini akan berlaku juga tahun depan, masih menunggu pembahasan RAPBN 2010," ujarnya.
Besarnya gaji ke-13 sama persis dengan gaji bulanan yang diterima para PNS. Upah terkecil yang diterima pegawai negeri tahun ini Rp 1,72 juta per bulan. Sedang total belanja negara untuk membayar gaji PNS mencapai Rp 143,8 triliun.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati berharap, pemberian gaji ke-13 tahun ini bisa menjadi pendorong semangat bagi PNS, CPNS, dan pejabat negara untuk meningkatkan kinerja. "PNS harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat" katanya. (tino)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar