Sekarang Debit Air Cirata Menurun, Lima Turbin PLTA Tidak Berfungsi

PURWAKARTA, (PRLM).- Lima dari delapan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Cirata tidak berfungsi. Pasalnya, penurunan debit air di Waduk Cirata menyebabkan hal tersebut.
Demikian diungkapkan Humas Pembangkit listrik Jawa-Bali (PJB) unit Cirata saat dihubungi "PRLM", Kamis (13/9/12). "Dalam kondisi debit yang normal delapan turbin yang kami punya bisa berfungsi. Namun, sejak adanya penurunan debit dan muka air waduk Cirata kini hanya berfungsi tiga saja setiap harinya," katanya.
Bahkan, kata Munir, turbin yang dioprasikan masih belum maksimal, baru 85 Mega Watt saja setiap turbinnya padahal kemapuannya setiap turbin menghasilkan 125 Mega Watt.
"Jika dipakasakan hingga kapasitas 125 Mega Watt dan lebih dari tiga turbin yang dioperasikan air waduk Ciarat bisa habis buat muter turbin. Untuk rata rata per hari kebutuhan ditingkatkan hingga 100 Mega Watt itu pun untuk memenuhi kebutuhan listrik malam hari Jawa Bali,” tuturnya.
Meskipun demikian, Munir menuturkan dari pemanatauan kondis air di Waduk Cirata masih cukup baik. Dari hasil pantauan terakhir elevasi ketinggian air waduk Cirata 211,64 meter di atas permukaan. Kondisi ini masih mampu memberikan tekanan sebagai daya dorong pemutar turbin.
"Hal ini biasa terjadi ketika musim kemarau. Namun, yang terpenting masih ada turbin yang bisa jalan meski tidak maskimal. pasokan listrik pasti terganggu tapi tidak signifikan," ucapnya. (A-186/A-88)***

Ayo lho kalian jakarta bali dan sekitarnya siap-siap kalo kami jatiluhur dan cirata kekeringan gk bakalan ada listrik :D
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar