Sejarah Singkat Hamburger atau Burger

Sumber : Wikipedia  Hamburger, patty daging tanah antara dua potong roti, pertama kali dibuat di Amerika pada tahun 1900 oleh Louis Lassen, seorang imigran Denmark, pemilik Louis 'Lunch di New Haven, Connecticut. Ada pernyataan saingan dengan Charlie Nagreen, Frank dan Charles Menches, Oscar Weber Bilby, dan Fletcher David. White Castle menelusuri asal hamburger ke Hamburg, Jerman dengan penemuan sebesar Otto Kuase. Namun, mendapat pengakuan nasional di 1904 St Louis Pameran Dunia ketika New York Tribune namelessly disebabkan hamburger sebagai, "inovasi vendor makanan di tombak". Tidak ada klaim konklusif yang pernah dibuat untuk mengakhiri sengketa penemu hamburger dengan berbagai klaim dan bukti menegaskan sejak penciptaan. [Rujukan?]

Hamburger pertama kali dipasarkan para imigran Jerman yang kabur ke Amerika Serikat pada 1880. Kata hamburger berarti penduduk Hamburg atau sesuatu yang berasal dari kota terbesar kedua di Jerman itu. Sama seperti frankfurter untuk penduduk Frankfurt. Konon, ini karena pendatang Jerman ke Amerika kebanyakan berasal dari Hamburg.

Demi membuat daging terasa lebih empuk, para imigran asal Jerman ini menggiling lagi daging steak yang sudah dibakar dan kemudian menggorengnya dalam bentuk bulatan datar. Daging ini kemudian dimakan dengan cara diletakkan di tengah roti tangkup.

Meski begitu, tidak semua negara membenarkan asal-usul burger dari Jerman. Seorang penjual burger dari Kota Seymour, Wisconsin, AS, bernama Charlie Nagreen, mengklaim bahwa keluarganya yang pertama kali menemukan dan menjual burger pada 1885.

Mereka mengatakan daging burger bukan berasal dari daging steak, melainkan dari bakso sapi yang dihancurkan. Ia menamakan hamburger ciptaannya Hamburger Charlie, dan pertama kali dijual di sebuah pusat makanan bernama Outagamie Country Fair.

Selain Nagreen, ada beberapa orang lainnya yang mengklaim bahwa burger adalah ciptaan mereka. Seperti Charles Menches dari Akron–Ohio, Louis Lassen dari New Heaven-Connecticut, dan Flecher Davis dari Athens-Texas. Siapa pun yang mengklaim pembuatan burger, kini makanan tersebut sudah tersebar di seluruh dunia, tentunya dengan berbagai macam cara olahan yang baru.

Usaha untuk membuat burger dari bahan nabati dimulai sejak akhir 1970-an. Pada 1979, misalnya, Boca Foods Company membuat Boca Burger dari protein kedelai dan gluten.

Veggie burger sudah dijual di London pada 1982 oleh Gregory Sams. Produknya bernama VegeBurger. Mereka memasarkannya di restoran makanan alami yang sudah berdiri di Paddington sejak 1960-an.

Cheta Nilawaty

Baca Juga:
Burger Ini dari Sayur, Tapi Rasanya Seperti Daging
Daging Hamburger Sintetis, Seperti Apa Rasanya?
Maling Tertangkap karena Pamer Burger di Instagram
Burger Bikin Rahang Perempuan Ini Bergeser
Ini Dia Burger Termahal di Dunia
Burger Ramen, Paduan Dua Budaya

Sumber : Tempo
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar