Hebatnya sebuah senyuman...


Sudah tidak diragukan lagi bahwa hanya dengan berpikir positif badan kita menjadi sehat, tidak sakit-sakitan, atau bahkan sukses dalam bisnis. Memang dengan berpikir positif urat-urat saraf kita menjadi tidak tegang, sehingga pikiran menjadi jernih, mudah memutuskan hal-hal yang penting. Selain berpikir positif, senyum juga sangat besar pengaruhnya terhadap diri kita. 
Orang yang sedih bisa gembira dengan senyum. Orang marah akan reda jika bisa tersenyum. Jika tidak bisa tersenyum, dipaksakan untuk tersenyum dengan cara menarik ujung bibir seperti orang yang sedang tersenyum. Dengan cara tersebut sudah terbukti mengendorkan urat saraf yang tegang.
Tersenyum manis kesetiap orang akan membuat kita tampak ramah di mata orang  juga membawa manfat bagi kesehatan kita. Diantaranya: 
1.  Membuat lebih menarik
Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik. 
Satu studi meneliti pria yang mendekati perempuan di sebuah bar. Ketika seorang perempuan mengadakan kontak mata dengan seorang pria, kemungkinan ia akan melakukan pendekatan hanya 20 persen. Namun, ketika perempuan yang sama tersenyum, kemungkinan meningkat menjadi 60 persen.

2.  Mengangkat suasana hati 
Tersenyum adalah salah satu cara untuk mengurangi penderitaan yang disebabkan oleh kondisi yang menyakitkan hati. Ketika kita merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood kita akan berubah menjadi lebih baik. Disebutkan, memaksa untuk tersenyum bahkan ketika kita tidak sedang tak ingin melakukannya, sudah cukup untuk mengangkat suasana hati.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika Kamu tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan Kamu menjadi lebih rileks. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

4. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika Kamu tersenyum, maka tekanan darahmu akan menurun. Jika Kamu gak percaya, Kamu boleh mencobanya sendiri, jika Kamu memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah. 

5. Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami. 

6. Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka Kamu akan disukai oleh banyak orang. 

7.  Redakan stres 
Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga  stres Kamu akan berkurang dan Kamu akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya. 

8.  Perpanjang usia
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat Kamu terlihat lebih muda. Jika Kamu ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyummu sepanjang hari, maka Kamu akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik. Karena itu dapat Menghilangkan Jerawat juga.
Kita mungkin akan hidup lebih lama bila rajin tersenyum. Sebuah studi dari gambar yang diambil dari pemain bisbol pada 1952 menunjukkan mereka yang tersenyum hidup lebih lama rata-rata tujuh tahun daripada rekan mereka yang tidak tersenyum. 

9. Senyum membuat Kamu tampak sukses
Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat Kamu melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat Kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda dan sukses

10. Senyum membuat Kamu tetap positif  dan Meningkatkan kepercayaan
Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika Kamu tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh Kamu bahwa “hidup Kamu saat ini baik-baik saja”. 
Dalam satu penelitian, dilaporkan sepuluh persen peserta lebih cenderung memercayai orang lain jika mereka tersenyum.

11. Mudah dimaafkan 
Penelitian menunjukkan kita akan lebih toleran dengan orang yang telah melanggar aturan jika mereka tersenyum setelah mereka mengakui kesalahannya. Tidak peduli apakah itu senyum palsu, senyum sedih, atau senyum nyata, mereka semua ampuh membuat kita memberikan maaf.

12. Menyembuhkan sakit hati 
Tersenyum adalah salah satu cara untuk mengurangi penderitaan yang disebabkan oleh kondisi yangmenyakitkan hati. Disebutkan, memaksa untuk tersenyum bahkan ketika kita tidak sedang tak ingin melakukannya, sudah cukup untuk mengangkat suasana hati kita. 

13. Kemampuan berpikir 
Tersenyum membuat kita merasa nyaman dan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir secara holistik. Ketika diuji oleh para ilmuwan sosial, hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang tersenyum melakukan tugas-tugas lebih baik. 

hebat bukan ? :-) 
silahkan tersenyum.
Tapi disarankan tersenyum secara wajar.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar