Bagian Laut Indonesia di optimalkan sedemikian rupa


PERSONEL TNI AL IKUTI KURSUS ASO DAN ATC


Jakarta, 5 September 2012,--- Sebanyak 15 prajurit TNI AL menempuh kursus Airport Security Operations (ASO) dan Air Traffic Control (ATC) di Singapore Aviation Academy (SAA) Singapura. Pendidikan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AL dalam dua bidang tersebut yang sangat dibutuhkan guna mendukung pelaksanaan tugas sebagai pengawak pengamanan penerbangan di Bandara Juanda, Surabaya dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Pemimpin TNI AL untuk mendukung pengamanan Bandara Juanda Surabaya oleh TNI AL.
Dari 15 prajurit TNI AL yang mengukuti kursus tersebut sebanyak 12 personel adalah peserta kursus Airport Security Operations, yang terdiri dari 10 prajurit dari Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkopaska Koarmatim), dan 2 prajurit Bintara Intelijen Puspenerbal yang memulai kursus sejak bulan Agustus 2012 lalu. Sedangkan 3 personel lainnya adalah prajurit Bintara wanita Puspenerbal yang akan mengikuti kursus Air Traffic Control, pada tanggal 1 Oktober sampai 23 November 2012 mendatang.
Dalam kursus Air Traffic Control para prajurit mempelajari tentang pemahaman Air Traffik Services (ATS), manajemen sumber daya, standar perizinan dan persyaratan ICAO, Air Traffic Control serta manajemen keselamatan ATS. Sedangkan materi yang dipelajari dalam kursus Airport Security Operations meliputi pemahaman tentang ancaman dan tantangan penerbangan sipil, aturan keamanan penerbangan sipil, manajemen krisis, organisasi keamanan bandara dan perencanaan kontijensi.
Singapore Aviation Academy adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi di Singapore yang berkaitan dengan mata kuliah di bidang penerbangan yang bertempat diBase Airport Changi Singapura. Lembaga pendidikan ini banyak memiliki program dan kursus pelatihan maupun pendidikan bertaraf internasional, mulai dari Airport Security Operations, Management Airport, Maintenents Airport, dan lainnya.          
Selain itu lembaga pendidikan tersebut telah mendapat pengakuan International Airport Transport Assosiations (IATA), yaitu badan/organisasi bertaraf internasional pada lingkup penerbangan. Banyaknya para peserta yang berasal dari berbagai negara menempuh pendidikan di tempat ini dan akan mendapat sertifikat sebagai salah satu persaratan untuk bertugas di bandara yang berstandar internasional.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut. 
Sumber : http://www.tnial.mil.id
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar