Indonesia Meningkatkan Pertahanan Angkatan Lautnya

Setelah bekerjasama dengan puluhan Negara sekarang Indonesia (ANGKATAN LAUT INDONESIA-CHINA ADAKAN DIALOG UNTUK KALI PERTAMA)


Beijing,  TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut China untuk kali pertamanya melakukan dialog dalam kerangka "navy to navy talk" untuk meningkatkan kerja sama pertahanan Indonesia-China, khususnya angkatan laut dua negara.

Wakil Ketua Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertahanan China Laksamana Muda Guan You Fei mengatakan dialog antara angkatan laut Indonesia dan China merupakan salah satu bagian dari kerja sama pertahanan kedua negara dalam bentuk forum konsultasi bilateral bidang pertahanan dan keamanan.

"Dialog antarangkatan laut kedua negara menjadi salah satu komponen penting untuk membina hubungan yang lebih baik berdasar saling pengertian, dan saling percaya," kata Guan You Fei.Ia mengatakan pada dialog kali pertama ini akan dibahas pembangunan angkatan laut kedua negara dan beragam isu keamanan maritim regional.

"Jembatan" Sedangkan Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan mengatakan "navy to navy talk" yang baru kali pertama dilakukan dapat menjadi jembatan yang kuat bagi pembangunan kerja sama angkatan laut kedua yang makin meningkat dan luas.
"Kita ketahui bersama bahwa hubungan RI-China, termasuk hubungan angkatan laut kedua negara telah berjalan baik, dan diharapkan akan terus meningkat di masa datang didasari rasa saling percaya, saling memahami, saling menghormati satu sama lain," kata Laksamana Muda Didit Herdiawan.
Selain itu, dialog antarangkatan laut kedua negara dapat memberikan peluang kerja sama yang lebih luas tidak saja untuk kepentingan dua angkatan laut, tetapi juga untuk kepentingan kedua negara dalam mewujudkan stabilitas keamanan maritim regional.
"Melalui 'navy to navy talk' angkatan laut kedua negara dapat saling bertukar informasi, pandangan untuk pembangunan kedua angkatan laut serta membahas isu-isu umum terkait keamanan maritim regional," kata Didit.

Dialog TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut China akan dilaksanakan selama dua hari dengan agenda membentuk kerangka kerja sama angkatan laut kedua negara dan pembahasan isu-isu keamanan maritim regional.
Sumber   :   Antara
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar