KUNJUNGI WEB SAYA

Tutorial membuat template di Mapserver

"Template" adalah cara paling sederhana untuk membuat interaktif situs Mapserver. (Anda dapat membuat non-interaktif yang tanpa template tapi apa yang menyenangkan itu?)
Bukankah lebih bagus lagi jika contoh benar-benar bekerja? Saya telah pindah pemograman untuk mempelajari Mapserver sekitar 2 atau 3 kali sekarang. Tetapi saat ii belum berjalan maksimal pada mesin destkop saya di belakang firewall dan hanya dapat diakses sebagai 'localhost' ... hahaha menyenangkan sekali mempunyai mapserver sendiri yang berjalan di Localhost.
Aku yakin beberapa ilustrasi tertanam di halaman ini akan berguna, untuk seorang Newbie :

Contoh non-interaktif

Tanpa menggunakan template, saya (programmer Web ahli GIS) dapat membuat file peta dan menempatkan URL yang sesuai ke halaman Web, misalnya,
Membaca URL dari kiri ke kanan. ini pergi ke saya MapServer silahkan download file-file shpnya http://www.gadm.org, memanggil executable mapserv (/ cgi-bin/mapserv), mengatakan itu membaca file peta (peta =. / MapServer. / html / demo / hello peta)., mencari layer 'kredit' ("lapisan = kredit"), dan akhirnya untuk menampilkan hasil dengan mengirimkan gambar kembali ke browser Anda ("mode = peta").
Saya menyimpan file saya untuk proyek ini dalam pohon direktori html sehingga Anda dapat men-download mereka jika Anda ingin melihat mereka. Untuk keamanan biasanya saya akan menjaga mereka LUAR pohon.
Jadi misalnya, Anda bisa ambil file peta dengan URL ini: http://localhost/demo/hello.map

Template pertama

Aku berjalan melalui referensi template yang Mapserver dan menciptakan file template yang memiliki banyak tag template di dalamnya. Anda dapat melihatnya, klik di sini dan melakukan sumber tampilan: http://localhost/demo/hello.template.html
Untuk memberitahu Mapserver menggunakan file template saya, saya dapat mengubah modus untuk 'browsing' dan menambahkan specifier Template:

Saya harus menentukan lapisan, contoh yang hanya menunjukkan Anda sebuah kotak biru kosong;

Samping: Jika Anda mengklik ulang pada halaman di atas beberapa kali Anda akan melihat nama file img berubah. Setiap klik menyebabkan file PNG baru yang akan dihasilkan. Saya harus menyiapkan sebuah program terpisah untuk menghapus hal-hal terkutuk sehingga server saya tidak mengisi dan terjungkir.
Template memiliki banyak tag template MapServer di dalamnya, yang merupakan kata yang diapit oleh tanda kurung siku. Mereka tampak seperti tag wiki, kalau dipikir-pikir itu.
Ide cerdas adalah bahwa template dapat memiliki bentuk HTML di dalamnya, sehingga Anda dapat menempatkan tombol dan yang lainnya ke dalam formulir, dan voila interaktivitas!! Setiap kali Anda klik Daftar, permintaan diproses oleh mapserv, mendorong melalui template, dan Anda mendapatkan hasil yang diperbarui.

Query template

Tapi tunggu, masih ada lagi! Aku mulai menyusuri jalan ini eksplorasi untuk debug masalah dengan permintaan. Saya memiliki situs Mapserver yang memiliki fitur pencarian rusak. Jadi berikutnya saya perlu belajar bagaimana menangani MapServer non-spasial query.
Untuk demo ini saya akan menggunakan shapefile dengan data riil di dalamnya, bukan hanya sedikit teks. Shapefiles ini beberapa (vektor) data spasial, dan juga data atribut beberapa yang saya bisa query.
Berikut adalah file peta untuk teliti: http://localhost/demo/shape.map dan di sini adalah link sederhana yang akan menampilkan
URL ini mulai mendapatkan berat sehingga mulai sekarang saya akan menanamkan mereka sebagai link.
Selanjutnya, di sini adalah link yang akan mendorong peta melalui Template . (Ingat untuk menggunakan "view source" untuk melihat template.) Dan di sini adalah peta menerobos template: Taman peta

Meneliti data dalam shapefile Anda

Sebelum merancang query untuk dimasukkan ke dalam sebuah file peta Anda perlu tahu lebih banyak tentang data Anda. Buku Pemetaan Web menyarankan menggunakan ogrinfo, saya pikir itu sederhana berguna. Aku akan mengatakan menggunakan program GIS, ArcCatalog datang ke pikiran.
Dengan ogrinfo Anda bisa mendapatkan daftar nama-nama datafields cukup mudah, coba ini:
 
  ogrinfo-begitu shapefilename.shp akan mengembalikan daftar lapisan dalam file
 ogrinfo-sehingga lapisan shapefilename.shp akan daftar informasi pada lapisan yang disebut lapisan
 
 
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar