KUNJUNGI WEB SAYA

Hemat pulsa dengan menggunakan internet

Dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah-ceramah di berbagai daerah, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah “bagaimana caranya supaya akses Internet menjadi murah?” “koq pulsa telepon saya setelah menggunakan Internet menjadi Rp. 1 juta se bulan?” sekitar itu lah pertanyaan yang sering kali muncul.

Umumnya peserta ceramah-ceramah tersebut agak kaget setelah saya beritahukan bahwa pulsa telepon saya di rumah untuk Internet per bulan sekitar Rp. 200.000-an dan iuran ke ISP saya indo.net.id sekitar Rp. 40.000-an per bulan. Sebuah angka yang relatif kecil sekali di bandingkan dengan jumlah informasi yang saya terima setiap hari sekitar 600-700 e-mail.

Pada kesempatan ini akan saya coba jelaskan bagaimana strategi yang dapat kita gunakan supaya Internet menjadi murah. Strategi & trik-trik tersebut saya peroleh dari pengalaman sehari-hari di lapangan.

Yang pertama, saya lebih banyak menggunakan e-mail di Internet dibandingkan melakukan browsing & chatting. Praktis 98% waktu saya di Internet adalah menulis, mengirim & menerima e-mail – sangat sedikit sekali waktu yang saya berikan untuk melakukan browsing. Berbeda dengan browsing & surfing di Internet yang memposisikan kita sebagai konsumen informasi saja, dalam e-mail sering kali saya menjadi produsen informasi & langsung di sebarkan ke berbagai mailing list, secara filosofi menjadi produsen informasi akan jauh lebih menguntungkan & produktif daripada konsumen informasi. Menjelaskan sesuatu akan lebih baik daripada sekedar menerima penjelasan. E-mail juga merupakan media komunikasi interaktif dua arah sehingga secara filosofis juga lebih baik daripada web yang hanya satu arah saja.

Ada cukup banyak trik-trik yang bisa  dilakukan dalam menggunakan e-mail tersebut, seperti saya lebih suka menggunakan e-mail account ISP bukan free Web based mail seperti yahoo.com, hotmail.com. Kalau di hitung benar-benar maka menggunakan e-mail account di ISP akan jauh lebih murah daripada yahoo & hotmail.

Tuliskan semua e-mail yang akan dikirim secara offline (modem tidak dimasukan ke telepon) dan di antrikan dalam antrian Outbox siap untuk dibuang ke Internet pada saat nanti modem di sambungkan. Hal ini tidak bisa dilakukan jika kita menggunakan free web mail seperti yahoo & hotmail. Jika menggunakan yahoo & hotmail telepon harus dinyalakan pada saat menulis e-mail jadi sangat merugikan. Apalagi kalau harus menulis / membaca ratusan mail setiap hari-nya.

Dengan menggunakan software e-mail seperti Eudora, Microsoft Outlook, Microsoft Outlook Express dengan sekali tekan tombol send-receive semua mail di Outbox akan dikirim ke Internet dan mail dari Internet di ambil masuk ke Inbox. Seluruh proses hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3-5 menitan saja untuk transaksi sekitar 500-an mail dengan isi biasa-biasa saja (tidak ada attachment). Bayangkan kalau biaya yang kita bayar Rp. 150 / menit ke ISP & Telkom, maka hanya butuh sekitar Rp. 1000-2000 / hari untuk menerima & mengirim ratusan e-mail dari / ke Internet. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika anda menggunakan yahoo & hotmail.

Jika anda sering memperoleh spamming / mail yang tidak di inginkan maka coba gunakan fasilitas filter yang di sediakan di mail software mail anda. Saya biasanya cukup sadiz dalam hal ini, sering kali kalau saya menerima junk mail tersebut, langsung e-mail address orang tersebut saya masukan ke daftar yang mail-nya harus saya delete di server. Kira-kira dalam fasilitas filter caranya eudora / outlook express diminta untuk melihat “From:” kalau cocok e-mail address-nya perintahkan untuk di delete di server saja mailnya jangan di download ke PC kita – dengan cara itu akan sangat membantu meringankan beban telepon kita.

Saya harus akui bahwa saya tidak ada waktu untuk melakukan IRC / chatting karena saya sangat mobile sekali memberikan ceramah-ceramah jadi tidak mungkin melakukan IRC. Akhirnya e-mail menjadi pilihan yang paling natural dengan kondisi bekerja yang demikian mobile.

Bagaimana dengan Web? Akses ke Web memang penting terutama jika kita membutuhkan informasi / pengetahuan yang spesifik akan suatu hal. Kondisi saya memang agak berbeda dengan kebanyakan orang karena saya menggunakan laptop dengan fasilitas modem & ethernet yang bisa disambungkan ke LAN / Telepon dimana saja.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan agar akses Web yang kita lakukan dapat dilakukan secara effisien dan hemat pulsa. Saya coba memberikan beberapa trik yang mungkin akan membantu bagi kebanyakan orang yang menggunakan PC biasa dengan fasilitas dial-up dari rumah. Satu hal yang akan sangat membantu adalah mengakses Web dipagi hari (tepatnya subuh) sekitar jam 4-6 pagi, karena di waktu itu adalah waktu dimana traffik ke / dari Internet ke Indonesia sedang dalam posisi terendah – artinya tidak banyak orang yang menggunakan Internet dari Indonesia oleh karena itu jika kita mengakses Web di jam itu maka akan sangat terasa sekali bedanya di bandingkan di jam kerja apalagi jam 12 siang atau jam 4 sore hari dimana di situ adalah titik-titik tertinggi traffik Internet di Indonesia. Berbeda dengan akses Web, hal ini tidak berlaku bagi akses e-mail yang secara prinsip anda bisa melakukannya kapan saja karena akses e-mail hanya ke server mail lokal di ISP.

Selanjutnya pada saat akses Web, kita harus tahu secara pasti informasi / pengetahuan apa yang ingin kita cari di Internet – jangan sampai kita mengakses Web tanpa tujuan ang jelas - karena hampir dapat dipastikan hasilnya akan mubazir & akhirnya yang dicari hanya gambar-gambar saja yang membuang uang percuma - menurut saya, tentunya mungkin tidak percuma bagi yang ingin melampiaskan napsunya 


Gunakan search engine seperti www.yahoo.com atau www.infoseek.com untuk mencari informasi / pengetahuan yang kita perlukan dengan memasukan keyword yang sesuai dengan pengetahuan tersebut. Misalnya kita tertarik dengan bisnis di Internet, bisa digunakan keyword e-commerce, small business atau spesifik di bidang yang kita inginkan.

Jika anda menggunakan Internet explorer maka ada baiknya menggunakan fasilitas “favourite” yang menyimpan halaman Web yang dinginkan dan di set pada saat kita masukan ke “favourite” supaya halaman Web bisa dibaca nantinya secara offline tanpa menyalakan modem. Penggunaan Web favourite yang bisa dibaca offline akan sangat membantu supaya kita tidak perlu membaca secara detail pada saat kita online di Internet tapi di save saja semuanya supaya nanti pada saat semua halaman sudah di download dan modem sudah di putuskan maka kita bisa membaca secara detail pengetahuan yang kita peroleh sambil santai minum kopi tanpa perlu kuatir membayar pulsa telkom yang mahal itu.

Fasilitas lain yang juga sangat membantu adalah fasilitas synchronize juga ada di dalam fasilitas favourite yang akan mensinkronisasi halaman Web yang kita inginkan apakah itu untuk meng-update supaya lebih baru lagi, atau juga untuk mengambil 2-3 link di bawah-nya sekaligus tanpa perlu kita meng-klik satu per satu link tersebut dan memasukan ke dalam favourite untuk di baca offline.

Jika anda adalah pengakses Internet yang cukup serius sebaiknya mencoba berfikir untuk meminta saluran telepon koin ke Telkom untuk diletakan dirumah anda. Bukannya apa-apa telepon koin pulsa-nya sekitar 40% lebih murah dibandingkan dengan telepon biasa. Kekurangan dari telepon koin adalah, saluran ini tidak bisa digunakan untuk menerima telepon hanya bisa digunakan untuk menelepon saja – untuk penggunaan Internet saluran telepon koin akan sangat ideal sekali karena Internet memang tidak membutuhkan kemampuan untuk menerima telepon karena selalu akan menelepon ke ISP saja.

Kira-kira demikian sebagian dari trik-trik yang dapat digunakan untuk menghemat pulsa anda dalam mengakses Internet. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mengakses Internet secara murah meriah.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar