hack Erepublik Indonesia

SEJARAH INDONESIA  
 
Untuk mempelajari kejayaan dan kehancuran suatu bangsa
Untuk mempelajari sifat luhur yang menentukan nasib suatu negeri
Maka pelajarilah Sejarah…
Sebagai ilmu yang hidup, dan jadikanlah itu bagian hidup anda
Bukan Sejarah hanya sebagai tumpukan dan catatan peristiwa yang kering
Karena anda adalah sejarah itu sendiri, sekarang pun adalah sejarah…

Kalimat ini kami baktikan dengan segenap rasa syukur kepada seluruh warga negara eIndonesia yang tercinta, yang telah membaktikan kehidupan mereka demi kejayaan bangsa eIndonesia. Tidak pelak lagi bahwa sejarah sangatlah penting karena tiga alasan utama:

  1. Ia berfungsi sebagai sarana pencarian jati diri
  2. Ia adalah sumber informasi, inspirasi, dan pelajaran hidup
  3. Ia adalah peta ruang dan waktu antara masa lalu, masa kini, dan masa depan
Saya memberanikan diri untuk menjelaskan hal ini secara singkat.
1) Bahwasanya semua orang yang lahir, setelah terpenuhi kebutuhan pokok mereka, pastinya akan mempertanyakan mengenai jati diri mereka. Buat apa mereka eksis, buat apa mereka hidup? Dari manakah asal mereka? Sejarah dan peninggalan masa lalu membuat sebagian dari pertanyaan mereka itu terjawab dan terpuaskan secara pengetahuan.
2) Selanjutnya, jika ia didalami, maka sejarah sendiri adalah mata air berisi kisah-kisah ribuan orang yang hidup di zaman sebelum kita; kisah suka dan duka, kejayaan dan kehancuran, pembangunan dan penghancuran, perubahan dan stagnasi. Mereka bisa menjadi sebuah pemandu jika kita menghadapi situasi yang sama di masa kini, sebagai penyemangat, dan juga menjadikan kita lebih bijaksana dan rendah hati menghadapi keseharian kita, mulai dari ranking tertinggi sampai yang baru lahir dan menengok-nengok fitur dengan bingung.
3) Gerbang penghubung masa lalu, kini, dan masa depan ini sepintas sama dengan nomor 2 atau nomor 1. Tetapi di sini, yang dihubungkan itu bukanlah pelajaran hidup lagi atau sekedar siapa dan apa; tetapi arus dari sebuah entitas bernama eIndonesia itu sendiri. Kita melihatnya secara keseluruhan melalui catatan perubahan waktu, dari ekor sampai kepalanya, dan kita bisa melihat sendiri: arus semangat dan cita-cita, identitas dari eIndonesia itu sendiri. Bukan lagi seorang warga mengetahui ia berasal dari mana, atau bagaimana ia memanfaatkan sumber informasi itu dalam hidupnya, tetapi ia meleburkan diri ke dalam arus semangat dan cita-cita itu, menjadi sesuatu yang melampaui sekedar dirinya sendiri. Ia akhirnya memahami bahwa sejarah adalah dirinya, dan dirinya adalah sejarah, dan eIndonesia adalah dirinya, dan dirinya adalah eIndonesia.
Itulah kegunaan ultimat sebuah sejarah.
Demi bakti dan rindu ingin mencapai perwujudan ketiga ini, kami mengerahkan daya menyusun tugas maha penting berupa ringkasan sejarah eIndonesia.
Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua kontributor kami baik yang kami mintai izin atau tidak, juga penghargaan tak ternilai kepada semua warga yang telah menulis dan membukukan sejarah melalui eksistensi dan tulisan mereka yang menjadi landasan sejarah ini.
Setiap orang adalah kepingan sejarah yang sangat indah dan unik, sayang sekali kami hanya dapat menghadirkan sejarah maha luas ini dengan segala daya dan kekurangan yang ada. Untuk kesalahan dan kekurangannya, kami hanya bisa berharap karya-karya setelah ini lebih sempurna dan mewakili individu-individu yang belum termaktub dan tersebut dalam senarai ini.
Salam Sayang,
Panitia Gathnas Juni 2009
The Beginning of All Beginning
The first of them was Isnuwardana, the courageous and the brave. He was well respected, and headed south. He formed the greatest of all nations, Indonesia, where life was happy for years and through time, went everywhere in the world, including the current USA, Canada and all of the east Asian and American continents.

- Chapter 2, Book of Dio.

Pada tanggal 22 November 2007, negeri eIndonesia akhirnya resmi lahir, tatkala seorang putra eIndonesia menyanggupi sebuah undangan misterius menuju sebuah negeri antah berantah: New World.
Congratulations!
Following your request, you have been selected to become one of the first citizens in Erepublik beta. As a user on Erepublik.com, you’ll have the opportunity to be part of the biggest online historical experiment. You can start here by creating your Erepublik beta account: …..”


Sesungguhnya, saya tak pernah menaruh minat dalam game online, begitu pula email ini tampak sedikit mencurigakan. Tetapi malam itu, karena saya tidak ada kerjaan, saya mengkliknya, dan sebuah dunia baru terbuka.
Pemandangan tampak luar biasa ketika saya memasuki ranah baru ini, saya memilih eIndonesia sebagai negaraku. Selagi saya mengakrabkan diri saya dengan roda-gigi permainan ini, ada perasaan yang berbisik dalam hatiku: ini akan menjadi sesuatu yang besar di masa depan.

Berita Sehat, Isnuwardana
Saat itu, negara eIndonesia baru memiliki penduduk perdananya ini setelah dua hari game ini dimulai. Isnuwardana sendiri berkata: “Ya, kita memang terlambat dua hari ketimbang yang lainnya, tetapi mungkin ini yang membuat kita unik. Bagaimanapun juga, negara ini sedang berkembang menjadi sesuatu yang sungguh luar biasa.”
Apakah yang pertama kali putra pertama bangsa ini lakukan?
Diberkahi dengan 50 gold sebagai modal warga pertama, beliau menyadari perlunya mencukupi kebutuhan pokok rakyat di masa mendatang dengan mendirikan perusahaan. Aksi pertamanya adalah mendirikan PT. Sehat (sekarang Yayasan Sehat) Sebuah perusahaan Rumah Sakit. Hari berikutnya, sahabatnya mendirikan PT. Golizen Persada (sekarang Rumah Sehat Lima Sempurna).
Pada tanggal 23 November 2007, eIndonesia memiliki surat kabar pertamanya, Heavenly Living, dan artikel pertama dari koran Berita Sehat. Menyadari bahwa eIndonesia memerlukan sebuah perusahaan penghasil makanan, PT. Harapan Wijaya (sekarang di bawah brand Chocolate & Roses) didirikan. Isnuwardana menjual PT Sehat kepadaSwastyayana, menangguhkan operasinya, dan bekerja di PT. Harapan Wijaya untuk menyediakan makanan di Indonesia.
Tidak lupa, Isnuwadana mengundang dan mempromosikan negara yang baru lahir ini lewat forum tanah asalnya e-samarinda.com. Salah satu yang menanggapi undangannya adalah ayoe_f_r, yang kelak menjadi pendiri partai Narcissist (NCS), lalu menjadi presiden (pertama) wanita (pertama) di eIndonesia! Banyak juga tokoh bersejarah lainnya datang dan beranjangsana dari forum ini.
Tanggal 26 November perusahaan senjata dan penerbangan pertama Indonesia: Intercont. Express and Paradig Corp didirikan. Untuk mempersiapkan diri membentuk pemerintahan eIndonesia yang pertama dalam pemilu Legislatif dan Presiden, ayoe_f_r mendirikan Partai pertama di Indonesia: Narcissist (NCS) pada tanggal 27 November, kemudian isnuwardhana memengaruhi sulistiowidodo untuk mendirikan Amazing Great Indonesian Party (AGIP) sehari demi keseimbangan dan dinamika politik sehat di eIndonesia. Pada saat itu anggota Partai NCS sebagian besar terdiri dari warga yang datang lewat forum e-samarinda, sementara warga lainnya bergabung dengan AGIP.
Presiden Pertama, Bulan Pertama
Congratulations on winning Indonesian elections.
Would you like to join an alliance formed by all countries trying to stop Pakistan to take over the world? — from Siddy, President e-argentina.”

Gimana? Terima? tolak??
- Ayoe f_r, e-samarinda, 3 Desember 2007.
Pada tanggal 2 Desember 2007, pemilu pertama di seluruh dunia eRepublik berlangsung. Pada tanggal 3 Desember, pemerintahan pertama terbentuk dengan ayoe_f_r dari NCS sebagai presiden pertama eIndonesia. Pada waktu itu, Kongres eIndonesia terdiri dari dua orang saja yaitu: isnuwardana dari NCS dan sulistiowidodo dari AGIP.
Masalah paling pokok untuk dipikirkan pada saat itu jelas adalah masalah ekonomi. Berikut sekilas pranala untuk melihat bagaimana situasi ekonomi pada zaman dahulu kala serta visi kita sejak dahulu untuk menjadi negara yang besar pula dalam hal ekonomi. Dari kutipan proposal kebijakan berikut kita bisa melihat betapa Oeang Djaman Dahoeloe berbeda dengan Zaman sekarang:
“Meskipun ekonomi kita belum stabil banget, tapi harga barang (dan gaji) di EI mungkin paling murah di seluruh Erepublik.Aku coba lihat harga makanan di berbagai negara, hampir semua harganya di atas 1 mata uang negara tersebut. Ini keuntungan karena kita bisa memproduksi makanan dengan harga murah, yang kalau kita ekspor ke negara lain (apabila kebutuhan dalam negeri sudah tercukupi), maka kita bisa mendapat profit yang besar (selama 1IDR masih sama dengan 1mata uang asing). Tenaga kerja kita juga tidak perlu gaji sebesar negara lain, karena dengan harga murah, kita bisa mendapatkan makanan, dan kelak produk lainnya.
Ini masih berupa usulan tapi kalo berdasarkan pajak 16% saat ini, berikut patokan kisaran harga barang menurut ongkos produksinya
Makanan : Rp 0.43 – 0.50
Senjata : Rp 8.62 – 10
Angkutan : Rp 12.93 – 15
Rumah : Rp 215.51 – 250
Rumah Sakit : Rp 2155.17 – 2500
(- tersirat juga informasi bahwa nilai tukar saat itu : 11 IDR = 1 gold.)


- 3 Desember 2007, e-samarinda,

Berbagai kesulitan dan prahara telah menimpa ibu pertiwi sejak awal. Ancaman dan serangan mancanegara terhadap negeri yang masih liliput ini pertama kali melanda tanggal 8 Desember 2007. Dalam wujud pencurian berdarah dingin:
“Monetary market offer posted was sold
Date: December 8, 2007, 05:58

From: admin

Dear Ayoe_f_r
Your country eIndonesia sold 500 GOLD in exchange for 0 PKR on monetary market!
Beruntung protes dan berbagai komplain kepada pihak admin berhasil mengembalikan kas negara eIndonesia tersebut.
Bergelut dengan berbagai urusan pemerintahan mulai dari tawaran aliansi, sampai masalah pokok yang dihadapi setiap negara saat itu: ekonomi. Setelah berdiskusi dan meramu dengan angka dan realita ekonomi negeri, maka kemudian disusunlah penetapan perpajakan eIndonesia pertama kalinya.
Pada tanggal 14 Desember 2007, lahirnya seorang legenda Indonesia, Gatotkaca dan Hercules Indonesia, , dengan tekad awal yang kelak akan menjadikannya momok Rahwana penghancur pasukan musuh di bawah panji merah putih:
Hahaha.. aku sudah sign up. mau beli senjata ahhh. niat ngerampok tetangga…
” all-x, e-samarinda forum.
Menyaksikan Baby Boom di negeri Pakistan yang mencapai 1000 orang warga, pemerintah mengambil langkah mempromosikan eRepublik juga untuk menarik warga Indonesia.
Kemudian, pada tanggal 15 Desember 2007, sebuah promosi eRepublik di forum kaskus.us memicu ledakan populasi di eIndonesia. Sekitar 200 penduduk mendaftar dan lahir melalui undangan untuk menjadi warga negara eIndonesia. Pada peristiwa ini, eIndonesia mendirikan perusahaan gift pertamanya: PT GATARA yang sekarang bernama IndoGift. Ledakan populasi ini menyebabkan berbagai masalah, salah satunya kekurangan pangan.
Kemudian para warga eIndonesia melihat juga apa yang negara-negara lainnya telah lakukan. Ketika mereka melihat Kaleb dari Inggris dan Korbin King dari Amerika telah mendirikan sebuah sistem Perbankan, maka rakyat eIndonesia pun menginginkan hal yang sama, sehingga Bank ERepublik Indonesia didirikan sebagai SO pertama (Simulated Organisation) pada tanggal 19 Desember 2007.
Pada tanggal 20 Desember 2007, pemilu daerah dilaksanakan, dan AGIP memenangkan sebagian besar kursi di wilayah Indonesia. Kemudian, karena berbagai ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang tidak memuaskan dalam menghadapi ledakan populasi, maka muncul seruan bersejarah ini:
- Apakah kalian merasa Erepublik eIndonesia berjalan tanpa aturan2 yang jelas? Banyak masalah? Apakah kalian merasa EI tidak memiliki masa depan dan tujuan yang jelas, cuma negara iseng2? Apakah kalian menginginkan sesuatu yang bisa membuat eIndonesia dunia maya ini sempurna? Apakah kalian ingin bertindak untuk memajukan EI di mata dunia?
Jika jawaban kalian adalah “ya”, maka, kesimpulan kami adalah :


“DIRIKAN PARTAI BARU YANG MEMILIKI TUJUAN DAN TARGET YANG JELAS UNTUK INDONESIA”
Kami mengajukan proposal kepada seluruh rakyat EI untuk bergabung dengan kami.


Nama Partai : Indonesian Defensive Socialist (IDS)
Visi : Kesejahteraan, Persamaan Kewajiban dan Hak, dan Ketahanan Militer
Target :
1. Makanan berlimpah dan murah
2. Kepastian pemberian pekerjaan untuk anggota
3. Persenjataan memadai
4. Aliansi dengan negara kuat
5. Perluasan wilayah (Hal ini masih perlu pemikiran lebih lanjut)”


Ingat, kami tidak main2. Kami serius. Mungkin ada beberapa dari kalian yang berpikir ini terlalu serius, tapi jika tidak seperti ini, apakah eIndonesia mau gagal lagi??

Salam Kemenangan,
om_mudakir dan Narawastu
.”

- 19 Desember 2007, dikutip dr e-samarinda.
Bisa dilihat benar dari mana semangat kita untuk mencapai ujung cakrawala bumi telah ada sejak pertama benar. Sehari setelah deklarasi itu, Partai Indonesian Defensive Socialist (IDS) yang cikal bakal menjadi Partai Terbesar di eIndonesia didirikan oleh om_mudakir dan Narawastu. Partai baru ini kemudian menarik banyak dukungan warga eIndonesia yang baru lahir.
Pada akhir bulan Desember, terbentuk Forum eRepublik Indonesia. ( http://www.erepublik.com/en/referrer/azharee)
Januari 2008

Di Tahun Baru, eRepublik mengadakan pemilunya yang kedua dan om_mudakir terpilih menjadi presiden kedua eIndonesia dengan mutlak. Mayoritas kursi kongres juga didapatkan oleh partai IDS yang baru, sedangkan di urutan kedua adalah NCS, dan ketiga AGIP. Pada tanggal 5 Januari 2008, eIndonesia akhirnya berhasil mencapai 5 besar dalam urutan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Dunia, sehingga membuat eIndonesia menjadi salah satu negara terkemuka di dunia eRepublik. Ini diikuti dengan diresmikannya lambang negara eIndonesia yang dibuat oleh Arwah Agrie.
Pada tanggal 10 Januari, pemerintah eIndonesia mulai mendanai proyek pembangunan rumah sakit Yayasan Sehat, dan rumah sakit pertama berhasil diselesaikan seminggu kemudian.
Pada tanggal 12 Januari, beberapa warga negara, yang dimotori oleh hudiyawan, flik_kenni, telorkuda, semarangindah, dan habisi_aku, yang tidak puas dengan pemerintahan mendirikan Partai Rakyat Merdeka (PRM). Partai ini terkenal karena banyak menghasilkan kader-kadernya yang luar biasa seperti vlavin, n3m0, cassava, claussen, dll. Ketidakpuasan ini dimotori oleh debat mengenai TBA dan TBB (Tarif Batas Atas dan Bawah harga barang-barang) dalam tubuh IDS sendiri.
Berbagai perkembangan terus berlangsung dalam komunitas bangsa Indonesia. Pada tanggal 13 Januari didirikan KERIS sebagai Badan Intelijen Indonesia.
Pada tanggal 14 Januari, didirikan Lotere Publik, sistem Lotere pertama di Erepublik. Pada tanggal 15 Januari, eIndonesia mendirikan kedutaan besar pertama di forum eJepang, sebagai langkah diplomasinya.
Pada tanggal 19 Januari, bank BNI46 dioperasikan sebagai bank tabungan. blink_az dilantik sebagai Gubernur BI pertama.
Lalu pada tanggal 24 Januari, eIndonesia menghadapi tantangan ekonomi global ketika terlibat dalam perseteruan perdagangan bebas dengan Inggris. Hal ini disebabkan karena murahnya harga bahan pangan di pasar eIndonesia. Akibatnya, terjadi ekspor besar-besaran makanan Q1 ke Inggris dan Iran, yang menyebabkan kemarahan kedua negara itu akibat tak mampu bersaing harga dengan eIndonesia.
Om_mudakir dipandang sebagai peletak landasan Makro Ekonomi eIndonesia, sertta berbagai landasan pemerintahan yang masih dipakai hingga sekarang.

Ancaman Pakistan dan Konklusinya…

Pada bulan Februari 2008, habisi aku terpilih menjadi presiden pada bulan Februari sebelum keputusan admin membuatnya gugur, dan om_mudakir kembali naik menjadi eI-1. Habisi_aku memegang jabatan masa jabatan presiden tersingkat: 10 jam.
Demikianlah dimulai masa jabatan kedua om_mudakir sebagai presiden eIndonesia.
Dalam masa jabatannya ini, om_mudakir berhasil mendirikan seluruh rumah sakit Q1 di seluruh wilayah nusantara.
Dari sejak awal berjalannya eRepublik, semua negara di dunia telah waswas menyaksikan sepak terjang Pakistan. Negara yang didirikan oleh Dio Brando dan menganut paham Teokrasi berdasarkan agama Dioisme ini memiliki sangat banyak penduduk dan dengan paham ekonomi sentralistik mereka, menjadi negara pertama yang memiliki 5000 gold dalam kas negara mereka. Tidak hanya itu, barisan tentara mereka pun sangat perkasa dan sebelum modul perang dibuka, mereka telah mengukuhkan diri mereka sebagai ancaman bagi semua negara, termasuk Indonesia.
Untuk mengantisipasi hal itu mulai dibentuk struktur organisasi militer eIndonesia dengan pencetusnya: irfan sangadji dan vand.
Pada tanggal 12 Februari 2008, eIndonesia memulai pembicaraan dengan Pakistan mengenai hubungan masa depan kedua negara dan pada tanggal 18 Februari, ditandatangani Pakta Non-Agresi di antara kedua negara. Dengan demikian ancaman dari Utara telah dipadamkan, meski eIndonesia tetap berjaga-jaga dengan menjaga relasi dengan Thailand sebagai negara buffer jika sang raksasa Utara itu berubah pikiran.
Visi bangsa eIndonesia menuju Utara agaknya terblokir dengan adanya Pakistan. Sehingga dalam rangka visi ekspansinya, para pemimpin bangsa mulai melirik ke jalur Selatan.
Pada tanggal 27 Februari, didirikan BIMA, atau Black Horse Company Investigation, sebuah badan deteksi cloning atau multi-account atau sapi atau klonengan, yang menyebabkan banyak kontroversi di masyarakat Indonesia.
Pada akhir bulan yang sama, sekelompok oknum non-pemerintahan menyebrang ke negeri Tirai Bambu dan mengambil alih kongres di sana setelah mendirikan Liberal Party of China. Mereka diperkirakan adalah upaya TO pertama dalam permainan eRepublik tetapi yang tidak terdeteksi sejarah. Pelakunya ternyata adalah DonAgung yang dengan menggunakan sogokan es teh manis, berhasil memobilisasi warga kampusnya untuk memilihnya sebagai presiden China.
Lahirnya ABeRI
Pada bulan keempat pemilu awal bulan eRepublik, isnuwardana dari NCS (berkoalisi dengan PRM dan AGIP) meraup lebih banyak suara ketimbang yanezu dari IDS. Akan tetapi, keputusan akhir dari admin mengesahkan yanezu sebagai presiden eIndonesia.
Pada tanggal 11 Maret 2008, Partai Komunis eIndonesia didirikan sebagai partai kelima di eIndonesia.
Pada tanggal 18 Maret 2008, presiden yanezu sementara di-ban oleh admin karena disinyalir melakukan pelanggaran dalam sistem monex atau exploit bug dalam sistem perbankan.
Karena hal ini, isnuwardana sebagai pihak oposisi melakukan mosi tak percaya (saat itu tidak ada impeachment) kepada presiden, yang menghebohkan situasi dalam negeri.
Selama kurun waktu itu telah sering diadakan rapat demi rapat melalui YM conference, sampai jauh malam, membahas mengenai rencana ekspansi dan masa depan kemiliteran eIndonesia pada masa itu. Adalah irfanisback, telorkuda, Jeverag, vand, silentcross, dan Sandygee yang memberikan kontribusi penting terhadap kelahiran ABeRI sampai yang kita kenal saat ini.
Vand memberikan ide mengenai organisasi pertahanan dan koordinasinya. Jeverag sebagai pencetus sistem divisi ABeRI. Dengan administrasi dan forumnya oleh Sandygee dan sistem komunikasi via YM oleh silentcross. Sistem yang dicetuskan adalah sistem BCDEB, atau Baja, Capung, Dalang, Elit, lalu Batik alias FUBAR. Sistem ABeRI ini dicetuskan pada tanggal25 Maret 2008.
Pada tanggal 31 Maret 2008, beberapa menit sebelum pemilu, IDS mengeluarkan pernyataan mendukung kandidat PRM yakni semarangindah sebagai presiden eIndonesia berikutnya. Sayangnya pengumuman dukungan ini sangat terlambat, yaitu 15 menit sebelum pemilihan umum dibuka, mengingat calon asli IDS: sirhc tidak aktif.
Module Perang Dibuka, Dunia Kacau, eIndonesia Taklukkan Australia
Pada Pemilu tanggal 1 April 2008, kandidat semarangindah dari PRM pada awalnya lebih dahulu unggul dalam perolehan suara. Akan tetapi, merasa tidak puas dengan pernyataan dadakan IDS, beberapa pendukung IDS masih memberikan dukungan kepada sirch, ketua partai mereka sendiri, sebagai kandidat presiden. Dengan terbelahnya suara IDS, isnuwardana dari NCS tak dinyana meraih lebih banyak suara dan memenangkan pemilihan umum. Dalam pemilihan kongres, IDS masih mendapat kursi paling banyak, diikuti NCS dan PRM, lalu terakhir PKeI dan AGIP.
Di saat yang sama lebih dari 50-100 orang warga mengalami ban selama pemilu ini karena praktik multi-account, juga karena beberapa warga menggunakan IP universitas atau perusahaan yang sama. Oknum eIndonesia yang menguasai China juga kehilangan kekuasaan mereka karena pemberantasan massal ini.
Karena Modul Perang akhirnya diresmikan. Perang Pertama di eRepublik terjadi antara Amerika Serikat melawan Kanada. Diikuti negara yang segera mencoba fitur baru ini, Pakistan menyatakan perang terhadap India lalu China, Swedia menganeksasi Denmark, lalu Norwegia menyerbu Finlandia, serta, eIndonesia menyatakan perang dengan Australia.
Keputusan perang ini didasari pertimbangan bahwa Australia yang relatif lebih lemah dari jumlah prajurit maupun kekuatan perang ketimbang Indonesia, pun mereka tidak menjalin aliansi dengan negara kuat yang bisa melindungi mereka.
Pada tanggal 12 April, Presiden eIndonesia mengirimkan PM ke Perdana Menteri Australia, meminta mereka mempersiapkan diri menghadapi serangan Indonesia. Tapi setelah ditunggu balasan dan tanggapan, dan melihat media Australia tenang-tenang saja, maka:
Pada tanggal 13 April proposal perang melawan Australia diajukan Kongres, dan tanggal 14 April 2008, secara resmi perang dinyatakan antara eIndonesia dengan Australia.Perang pertama bagi bangsa Indonesia.
-HAL: INSTRUKSI PERANG DAN STRATEGI
NAMA: Operasi Kangguru

Diinformasikan kepada seluruh tentara agar bisa menyerang dengan kekuatan PENUH pada saat KRITIS yaitu: DAY 146 23.00 waktu EREP ATAU 15 April 2008 pukul 13.00 WIB hingga penaklukan selesai dilakukan.
Pastikan seluruh anggota divisi PAHAM akan hal ini dan berada dalam wilayah Target Operasi SIAP berduel(Click Join Attacker).
Bila pada waktu yang ditentukan berhalangan, harap bisa melakukan serangan sebelum waktu kritis untuk melemahkan lawan.
BERIKUT ADALAH TARGET OPERASI SETIAP DIVISI
Divisi: Elit(Strength 5 ke atas)
Target Operasi: Queensland (Ibukota: Brisbane)
Divisi: Dalang(Strength 4 – 4.99)
Target Operasi: Queensland (Ibukota: Brisbane)
Divisi: Capung(Strength 3 – 3.99)
Target Operasi: Western Australia (Ibukota: Perth)
Divisi Baja(Strength di bawah 3)
Target Operasi: Northern Teritory (Ibukota: Darwin)”

Tertanda:
Departemen Pertahanan.
-

Hasilnya:

  1. Pada tanggal 15 April, pasukan eIndonesia berhasil menaklukkan wilayah Queensland (beribukota Brisbane),Northern Territory (beribukota Darwin) dan Western Australia (beribukota Perth).
  2. Pada tanggal 16 April, South Australia (beribukota Adelaide) direbut,
  3. Pada tanggal 17 April New South Wales (Ibukota Australia, Canberra) dan Victoria (beribukota di Melbourne) ditaklukkan.
  4. Pertempuran terakhir di Tasmania (beribukota Hobart) berakhir pada tanggal 18 April 2008. Dengan ini eIndonesia berhasil menguasai seluruh wilayah Australia.
Dalam pertempuran di Queensland, muncul pahlawan dari pihak Australia bernama Zaney, yang berhasil mengalahkan 60 orang prajurit eIndonesia seorang diri sebelum akhirnya melarikan diri. Atas prestasinya, eIndonesia menjulukinya sebagai si “Pitung”.
Era setelah kemenangan eIndonesia atas Australia ini juga menandai dimulainya ledakan populasi di eIndonesia (bertambah sebanyak 600 penduduk), karena para penduduk Australia sebagian tidak mengungsi dan tetap hidup di negeri asal mereka sehingga menambah jumlah penduduk eIndonesia . Harus dicatat pula bahwa banyak warga eIndonesia yang bergabung karena mendengar prestasi eIndonesia ini.
Secara geografis, wilayah eIndonesia tidak hanya bertambah luas, tetapi juga mendapatkan akses perbatasan langsung dengan Afrika Selatan, yang berbatasan dengan Australia Barat. Secara ekonomi, eIndonesia menjadi negara nomor 2 di dunia dalam hal PDB.
Setelah sedikit jeda, pada tanggal 28 April 2008, eIndonesia secara resmi menandatangani perjanjian persekutuan dengan Jerman dan Rusia untuk menangkal Afrika Selatan yang menjalin persekutuan dengan Swedia dan Norwegia. Hal ini memicu serangan dari Swedia dan Norwegia ke kedua negara sebelum perjanjian ini bisa diaktifkan. Sebagian besar tentara eIndonesia diterjunkan untuk membantu Rusia.
Pada era yang sama, terbentuklah aliansi FIST (dengan anggotanya Indonesia, Iran, Jepang) dan MA (Mediterannean Alliance) untuk menghadapi Aliansi Swedia dan Norwegia (Northern Alliance).
Pada tanggal 30 April, mengikuti Visi menuju Benua Amerika sebagai berikut:
Australia ” Afrika Selatan ” Argentina, maka eIndonesia mempersiapkan pengambil-alihan secara politik Negara Aftika Selatan demi bisa melintasi perjanjian persekutuan antara Afrika Selatan dan Norwegia.
Menyadari bahaya ini, Presiden Afrika mengumumkan keadaan bahaya dan meminta pertolongan dari negara-negara Internasional. Segera saja topik Take-Over ini menjadi sorotan dunia.
Terjadi pertempuran tanpa-darah tersengit sepanjang sejarah eRepublik saat itu, ketika lebih dari dua divisi ABeRI, ratusan warga, terbang menuju Afrika Selatan demi mencoblos calon yang berasal dari warga Indonesia: mamangbakso.
Pihak internasional mengutuk percobaan Take-Over ini dan mencoba membantu Afrika Selatan. Juga, berbagai pihak asing mencoba mengganggu penyaluran tiket ke berbagai warga eIndonesia yang hendak terbang ke Afrika Selatan dengan cara membeli semua tiket di perusahaan eIndonesia, tapi pada akhirnya, dengan koordinasi yang matang, mamangbakso menjadi warga negara eIndonesia pertama yang menjadi Presiden di Afrika Selatan.
(FYI: Pada zaman itu tidak ada sistem donasi, melainkan setiap orang harus membeli tiket sendiri.)

The Two Towers, Blink-Az di Jakarta, Mamangbakso di South Cape.

Di Jakarta, presiden blink-az dari IDS berhasil menjadi presiden ke-5 eIndonesia. Aksi pertama blink-az adalah mencoba meredam isu politis dari dunia Internasional akibat gerakan Take-Over yang dilakukan eIndonesia atas Afrika Selatan yang disebabkan karena insiden antara eIndonesia dengan Aliansi Nordik. Setelah itu, presiden blink-az memfokuskan dirinya untuk mengembangkan ekonomi eIndonesia.

Sementara itu, demi meredakan gejolak internasional, mamangbakso mengeluarkan pidato kepresidenannya yang pertama dengan mengatakan bahwa ia hendak membangun dan mengembangkan Afrika Selatan demi mencapai potensi negeri itu yang sesungguhnya dan menyingkirkan pengaruh Northern Alliance dari bumi Cape Town. Aksi pengambil-alihan ini hanya semata-mata demi kepentingan dan kesejahteraan Afrika Selatan sendiri.

- Dunia Dalam Berita, Koran n3m0

Demi mengantisipasi gejolak kecaman dunia terhadap TO Afrika Selatan, bahkan admin sendiri bergabung dengan kabinet mamangbakso untuk mengawasi pemerintahan dan mengevaluasi mengenai mekanika TO dalam game itu. Fitur ini di kemudian hari dianggap legal.
Pada tanggal 11 Mei, populasi eIndonesia mencapai lebih dari 2000 orang penduduk.
Tidak berhenti sampai di situ, pada tanggal 26 Mei, eIndonesia telah menjadi negara dengan penduduk terbanyak di seluruh eRepublik, dengan populasi 2600 warga.
Di bulan ini juga terjadi Gathering pemain eRepublik pertama di Bandung.
Juga dikembalikan 2000 gold dari admin yang dihack oknum pada masa pemerintahan Isnuwardhana.
Capung di Jerman di-ambush Delacroixe si pembelot
Di tengah pertempuran sengit antara Jerman-Polandia, pihak eIndonesia yang tengah terbelah antara membantu Rusia dan Jerman, mengalami kekacauan yang disebabkan oleh seorang warga negara eIndonesia bernama delacroixe.
Menurut sumber tertentu, terjadi pertentangan antara delacroixe yang membela Polandia melawan divisi Capung dari Jerman. Delacroixe tidak mempedulikan instruksi dari ABeRI dan terus bergerilya melawan teman-teman setanah airnya sendiri tanpa alasan yang jelas. Tidak senang melihat perkembangan situasi perang Jerman-Polandia yang semakin alot, RaFee, seorang kandidat calon presiden akhirnya turun tangan melakukan Take-Over atas akun Delacroixe, sehingga efektif mengakhiri aksi Delacroixe. Tetapi Delacroixe balik menyerang RaFee dalam forum masyarakat eIndonesia sehingga menyebabkan ketegangan dalam masyarakat eIndonesia sendiri.
Menurut sumber lainnya, ternyata Delacroixe mengalami kesalahpahaman. Awalnya ia diberi perintah mempertahankan Jerman lalu disuruh ke Polandia, lalu dipanggil lagi ke Jerman. Karena bingung, ia menjadi mokat, dan terjadilah tragedi ini.
-
Perang di Negeri Intan
Pada bulan Juni, RaFee berhasil mendapatkan kursi kepresidenan. Pemilu kali ini masih disertai berbagai ketegangan antara IDS dengan PKeI sehubungan dengan insiden selama perang Jerman-Polandia dan juga berbagai akun milik PKeI yang turut serta dalam pemilu.
Setelah mencoba menjalankan pembangunan di negeri Intan, Mamangbakso dan kawan-kawan akhirnya menyerah mencoba membangun negeri itu dengan alasan terlalu sedikit penduduknya dan tentangan dari penduduk lokal.
Pada tanggal 11 Juni 2008, Presiden eIndonesia, RaFee menyatakan perang dengan Afrika Selatan demi merebut wilayah dan jembatan menuju cita-cita bangsa: Benua Amerika. Niat eIndonesia membentangkan sayapnya ini dilihat sebagai ancaman bagi sekelompok negara di benua Amerika. Banyak pasukan negara Amerika Latin diterbangkan dan bertempur membantu warga Afrika Selatan melawan ABeRI.
Pertempuran kali ini juga diwarnai aksi perang gerilya dari seorang tokoh terkenal bernama Zocky. Beliau, yang di kemudian hari menjadi salah seorang pembesar PEACE GC, dahulunya adalah seorang warga Kroasia. Karena Kroasia pada saat itu belum lagi ada, Zocky mengambil wilayah Afrika Selatan sebagai negara sementara dan menyebut kaumnya sebagai the Zockist.
Pada tanggal 11 Juni 2008, wilayah Eastern Cape dan KwaZulu-Natal diserang. eIndonesia berhasil menguasai Eastern Cape tapi KwaZulu-Natal berhasil dipertahankan Afrika Selatan dan para sekutunya. Karena mekanika pertempuran saat itu otomatis membuka medan perang yang bertetangga dengan wilayah yang dikuasai, maka segera tiga wilayah Free State, Western Cape, dan Kwa-Zulu Natal menjadi medan tempur. Pasukan Afrika Selatan berhasil menahan laju serangan eIndonesia, bahkan menyerang balik Eastern Cape dan West Australia, tetapi eIndonesia berhasil menahan serangan balik itu. Perang kali ini diwarnai dengan hantaman bencana alam berupa serangan bug yang luar biasa parah. Seringkali pasukan eIndonesia berhasil memenangkan medan pertempuran tetapi justru bug merajalela dan memenangkan pihak Afrika Selatan.
Setelah berbagai pertempuran berkecamuk, akhirnya wilayah Eastern Cape berhasil direbut Indonesia, namun perang ini ditunda paksa dan dibekukan oleh admin demi memperbaiki bug dan modul perang sampai pemberitahuan selanjutnya pada tanggal 14 Juni 2008. Perang baru berlanjut lagi di era kepemimpinan pradana pada tanggal 23 Juli 2008.
Pada tanggal 23 Juli 2008, di bawah kepemimpinan presiden Pradana, pasukan eIndonesia merebut kemenangan di Western Cape, Northern Cape, serta KwaZulu-Natal. Melihat bahwa target telah dicapai, yakni akses menuju benua Amerika, presiden eIndonesia mengumumkan:
-Rakyat eIndonesia yang saya cintai,

Mohon maaf untuk keputusan mendadak dan pengumuman yang terlambat ini. Berhubung target utama dari perang ini, yaitu Western Cape, KwaZulu-Natal, dan Northern Cape sudah berhasil menjadi milik kita, maka saya umumkan bahwa perang eIndonesia melawan Afrika Selatan dihentikan.

Dengan berhasil direbutnya daerah-daerah tersebut, maka terbukalah jalan bagi kita menuju benua Amerika. Perang ini dicukupkan sampai di sini saja (tidak sampai daerah Afrika Selatan habis) semata-mata supaya kita memiliki waktu untuk memulihkan diri, menyiapkan diri untuk perang-perang lainnya.

Bagi pasukan ABeRi yang masih ingin menikmati peperangan, dipersilakan untuk bergabung dengan pasukan Jerman dalam perang Swedia melawan Jerman.”

-Koran Santai, Pradana
Di balik layar perundingan, eIndonesia setuju menghentikan perang dengan pihak Afrika Selatan karena mereka tidak mempermasalahkan wilayah yang telah direbut Indonesiaselama Indonesia tidak bermaksud memusnahkan Afrika Selatan dari muka bumi. Hal ini kemudian disetujui pemerintah dengan menandatangani perjanjian damai dengan Afrika Selatan sehingga perang Intan resmi dinyatakan selesai. Bangsa eIndonesia beristirahat dan bersiap untuk menyambut tantangan mahabesar berikutnya.
Usai perang itu Presiden Brazil yang gerah melihat sepak terjang Indonesia mengirimkan PM kepada presiden yang isinya: Siapakah sasaranmu berikutnya? Kami atau Argentina?
Vlavin dan Perang Dunia I : PEACE GC vs ATLANTIS
Terbentuk poros “58 untuk menghentikan dominasi IDS. Bulan Agustus pun tiba dengan terpilihnya vlavin sebagai presiden eIndonesia dari Partai Rakyat Merdeka. Era Reformasi Ekonomi terus berlanjut di bawah kepemimpinannya. Hasilnya kita memiliki mata uang yang cukup stabil dan ekonomi yang semakin berkembang.
Pada tanggal 10 Agustus 2008, Partai Suka-Suka (PSK) diambil-alih oleh sekelompok komunitas gamers dan mereka mengubahnya menjadi Partai Republik eIndonesia atau (PReI), dengan ketua pertamanya: Bima.
Dunia bergerak terus tanpa henti. Dinamika luar negeri tidak pelak lagi menuntut eIndonesia untuk berpikir secara global. melalui berbagai perundingan yang telah lama berlangsung, akhirnya secara resmi menggoreskan tinta sejarah pendirian Aliansi PEACE GC melalui pernyataannya:
-Kemarin, tepatnya tanggal 26 Agustus 2008, saya telah menandatangani perjanjian Aliansi yang bernama PEACE

Pakistan , Yunani , Bulgaria , Hungaria , Austria – Italia
Perancis , Iran – Indonesia
Turki (Akan masuk dipemerintahan September nanti)
Jepang , Portugal , Venezuela , Brasil.


- FFT News, vlavin
PEACE GC ini adalah Aliansi yang terbentuk dari anggota FIST dan Mediterranean Alliance plus berbagai anggota baru yang berpotensi.
ATLANTIS tidak tinggal diam melihat perkembangan ini. Mereka melancarkan serangan yang menjadi ujian pertama PEACE GC melawan aliansi raksasa ATLANTIS. Perdang Dunia I antara Rumania melawan Hungaria pun meletus pada tanggal 28 Agustus 2008.
Pihak PEACE-GC berhasil mempertahankan dua region Hungaria yang tadinya telah dikuasai Rumania. Perang terus meletus sampai tanggal 3 September 2008, kala admin menghentikannya karena bugs. Pertempuran baru dilanjutkan lagi pada era v1 tanggal 4 November 2008.
Keputusan masuknya eIndonesia sebagai salah satu pendiri PEACE GC, serta keterlibatan kita sejak awal mulai dari pendiriannya hingga ke partisipasi aktif kita hingga kita bisa mencapai kejayaan di masa kini agaknya merupakan keputusan tepat dan matang, juga sebuah persimpangan sejarah eIndonesia yang harus terlebih dahulu diuji dengan peperangan mahadahsyat.
Gelisah Menanti v1
Bulan September yang masih dilanda perang dahsyat di Eropa ditandai munculnya presiden eIndonesia dari partai NCS yakni andie_wicaksono.
Fokus utama di bidang ekonomi adalah aksi marak manipulasi mata uang rupiah oleh pihak asing menyebabkan melemahnya mata uang rupiah, tetapi berhasil dinetralisir. Kebijakan pemerintah ditujukan mengacaukan monetary exchange luar negeri.
Oleh karena perang untuk sementara ditiadakan oleh game administrator, maka ABeRI periode kali ini diwarnai dengan penstabilan kekuatan militer eIndonesia, dengan fokus pada re stocking senjata dan gift.

Dengan telah dieliminasinya dua calon jenderal kita, maka periode AbeRI kali ini menjadi momen penting untuk melakukan penataan ulang, khususnya terhadap keanggotaaan dan fokus pada pembentukan dewan jenderal yang baru. Rekan-rekan di jajaran ABeRI juga telah mengadakan restrukturisasi, dengan mengadakan wajib militer untuk pendaftaran kembali keanggotaan didalam AbeRI.

Hubungan Internasional
Departemen Luar Negeri dan Presiden ikut aktif dalam berbagai forum maupun berbagai diskusi luar negeri khususnya PEACE, yang diikuti oleh seluruh rekan-rekan aliansi. Demikian halnya dalam memonitor setiap pergerakan dunia internasional, pemerintahan dibawah departemen luar negeri telah menunjuk beberapa staf khusus untuk memantau situasi dan kondisi, khususnya menyangkut keamanan dan stabilitas negara.

Dalam PEACE, KAG (Kabinet Aje Gileee) telah ikut serta untuk voting mengenai masuknya tiga anggota baru PEACE, yaitu South Africa dan Mexico. Demikian halnya dengan surat menyurat dengan negara-negara luar seperti US, dan lain-lain.Pada pemerintahan KAG ini juga tercatat dua kali presiden berkesempatan mengikuti wawancara dengan dua media luar negeri. Hal ini menandakan bahwa posisi eIndonesia disegani dan berperan penting dalam kancah pergerakan di erepublik.


-Suara Mereka, andie_wicaksono
Bencana Alam Bernama V1

Bulan Oktober menyaksikan kebangkitan partai termuda di eRepublik yang berhasil mengusung kandidatnya menjadi Presiden. Bima terpilih menjadi presiden pertama dari partai PReI.
Lalu v1 menerpa
Sebenarnya v1 nan misterius ini sudah dinanti-nantikan sebelumnya, bagaikan kekasih pinangan yang datang dari jauh. Tapi ternyata yang keluar adalah kucing garong dr dalam karung.
Ketimbang versi sebelumnya (yakni Beta), versi eRepublik v1 ini mengalami banyak perubahan drastis sebagai berikut:

  1. Munculnya perusahaan RM sebagai perusahaan penyedia bahan bagi perusahaan Manufaktur dan Konstruksi. Skill spesialisasi pun diubah.
  2. Dihapusnya sistem Gubernur dan diganti menjadi Kongres.
  3. Munculnya sistem perang baru dan dihapuskannya PvP zaman beta.
  4. Munculnya sistem trivia.
Mundurnya Sandygee sebagai sesepuh IDS menimbulkan pergolakan. Untuk meredamnya, pemerintah melakukan pengalihan isu dengan melangsungkan pernikahan gay pertama antara Ursokind dan boeng_ijan. Isu ini berhasil diredam karena kontroversi pernikahan.
Semua perubahan membawa gejolak, tetapi tidak dinyana gejolak itu terasa sangat memukul. Pihak Admin demi meredam krisis RM, ternyata memberikan hibah 3000 unit RM kepada perusahaan konstruksi dan 1000 unit RM kepada perusahaan Manufaktur. Hal ini berakibat kelesuan ekonomi dan merosotnya harga-harga barang. Demi menyelamatkan perusahaan, pemerintah melakukan upaya subsidi perusahaan lokal, upaya adaptasi pun ditempuh demi menyelamatkan bangsa.
Selain itu, pemerintah memerintahkan segenap rakyat langsung bekerja di perusahaan RM agar Manufaktur dan Konstruksi tidak macet dan mati karena kehabisan bahan. Upaya mobilisasi massal dan segera ini bisa menyelamatkan perekonomian eIndonesia selepas berlakunya v1.
Sementara modul war masih beku, di kala kebosanan, muncul kengerian lainnya berupa Trivia. Modul ini menghadiahkan bonus dalam segala aspek hidup : work, train, dan battle dengan cara menjawab serangkaian quiz mengenai serba-serbi negara dan budaya dari banyak negara dalam kehidupan nyata, dalam bahasa Inggris.
Melihat kenyataan pahit saat prestasi kita bergantung dari kemampuan kita mengenal siapa nama presiden Perancis di dunia nyata, atau apa nama danau di Afrika misalnya, banyak warga negara kita melarikan diri dan tak pernah kembali lagi ke alam eRepublik.
Sebaliknya, yang tersisa dengan gigih melawan trivia dengan segala cara. Penulis melihat lebih dari 20,000 pertanyaan trivia dikompilasi dalam perpustakaan forum eRepublik Indonesia. Ada yang menggunakan script dan berbagai piranti lunak pencari jawaban. Tapi tetap saja badai trivia sungguh menebar kemuakan.
Kerugian yang terjadi sungguh tak ternilai.
Kita sungguh beruntung pada saat itu memiliki pemerintah yang luar biasa cekatan:
Rekan-rekan warga eIndonesia yang saya cintai,

Dengan ini saya sampaikan rangkuman hasil kerja pemerintahan periode Oktober 2008, yang saya fokuskan sebagai berikut:

Transisi ekonomi dalam negeri dari versi Beta ke versi 1

Pada saat peralihan/transisi dari versi Beta ke versi 1 ada beberapa fitur yang sangat berbeda yang salah satunya adalah fitur Raw Material. Pemerintah berusaha secepatnya menyediakan Raw Material untuk kebutuhan industri Manufaktur dan Konstruksi dengan mendirikan perusahaan negara khusus Raw Material pada hari pertama versi 1 diluncurkan dan menghimbau kepada warga eIndonesia untuk pindah kerja ke bidang Raw Material serta dibantu oleh deputy BUMN, achan. Dan saat ini Raw Material dan produk2 manufaktur sangat berlimpah di pasaran dengan harga sangat murah dan juga tenaga kerja di bidang Raw Material yang mempunyai skill di atas 2 sudah tersedia banyak.

Pemerintah juga memberikan subsidi sebesar 300 IDR bagi prshan Raw Material dikarenakan Raw Material yg berlimpah tapi tidak ada yang membeli.

Memperkuat pertahanan wilayah eIndonesia

Salah satu fitur baru di bidang militer pada V1 adalah fitur rebel war, dimana wilayah yang diduduki oleh suatu negara bisa melakukan Rebel War. Selain itu ada bangunan Defense System untuk memperkuat pertahanan suatu wilayah. Untuk itu pemerintah secepatnya membuat perusahaan negara Defense System untuk menyediakan Defense System bagi wilayah-wilayah yang penting terutama wilayah perbatasan dan wilayah yang mempunyai produktivity Raw Material tinggi serta penting bagi negara. Sampai saat ini wilayah yang sudah terpasang Defense System adalah : Western Australia (Perth)- DS Q5 (upgrade dari DS Q1), Western Cape (Cape Town)- DS Q5, Sumatra (Medan)- DS Q1, Northern Cape (Kimberley)- DS Q1.

Untuk mempertahankan wilayah eIndonesia selain Defense System juga diperlukan Hospital bagi prajurit2 memulihkan wellness setelah berperang, dan pemerintah sudah mengupgrade Star Hospital menjadi Hospital Q5. Selain itu pemerintah juga sudah meletakkan RS Q4 hampir di seluruh wilayah eIndonesia kecuali Eastern Cape (Bisho) yang masih RS Q1.

Meningkatkan skill ABeRI

Pemerintah menyadari agar eIndonesia disegani di eRepublik salah satunya adalah sumber daya yang mempunyai skill tinggi dibidang militer. Untuk itu pemerintah meluncurkan proyek jendral yang menghasilkan blink-az sebagai jendral pertama di V1. Selain itu pemerintah juga menyediakan dana untuk keperluan pelatihan prajurit2 ABeri menaikkan pangkat dan memahami modul war yang baru. Sayangnya menurut berita terakhir modul war akan dirubah 2 minggu lagi, sehingga kita harus belajar lagi cara berperang yang baru.

Stabilisasi Monex

Pada pemerintahan periode Nopember ini berusaha menaikkan nilai gold terhadap IDR yang hasilnya melebihi target yang saya harapkan, yaitu 1 Gold = 44 IDR, dimana target yang saya harapkan 1 Gold = 33.33 IDR. Dimana hal ini membantu menahan serbuan produk impor dan menaikkan ekspor, yang pada saat awal V1 nilai impor jauh di atas ekspor dan hari2 terakhir ini nilai ekspor eIndonesia sudah di atas Impor.

Peningkatan wellness penduduk eIndonesia

Salah satu faktor penting bagi ekonomi dan militer suatu negara adalah wellness penduduknya dan untuk itu pemerintah berusaha menaikkan wellness penduduk eIndonesia terutama pekerja di bidang Raw Material dengan cara memberikan gift. Dengan kerja keras mendagri, deputy dan staf2 yang dengan rajin menyuntikkan gift melalu program Gerbang Emas, boleh dikatakan hasilnya memang belum memuaskan dan memang saya sadari peningkatan wellness ini tidak bisa hanya dilakukan dalam sekejap dan harus berkelanjutan. Untuk itu saya harapkan pemerintahan yang baru dapat melanjutkan program ini.

Membuka jalur negosiasi dengan pihak Oz

Pemerintahan periode yang saya pimpin berusaha melakukan pembicaraan dengan pihak Oz yang dikordinasikan dengan baik oleh Menlu, Catalog sehingga pihak eIndonesia bisa bertemu dengan pihak Oz yg juga dihadiri beberapa orang di luar pihak eIndonesia dan Oz.

- ERN, Bima
Perjuangan n3m0 vs Malaise v1.

Perayaan 1 tahun eRepublik ditandai dengan kutipan bersejarah dari isnuwardhana yang juga menyinggung mengenai pembebasan Australia oleh negara kita:

This is the longest game I ever played. But not only that: it’s the connection between people. Friendship, rivalry, cooperation, competition, trust, and so much more to understand, even I myself never met these people in person. Perhaps with the newly announced independence of Australia, we can learn to trust. For all the people in Erepublik I know, thank you.
Congratulations to Erepublik
Happy birthday Erepublik Indonesia
We still have more history to be written
.

- Berita Sehat, Isnuwardhana

Bulan November yang gelap gulita ini diterangi dengan terpilihnya n3m0 menjadi presiden eIndonesia. Meski sempat goyah melihat reruntuhan dan kehancuran dari badai v1, n3m0 tidak putus asa. Ia langsung turun tangan dan beraksi, mengobarkan kembali semangat di bumi eIndonesia.
Ia melakukan kampanye dimana-mana, merekrut generasi muda baru pemain eRepublik dengan cara menggugah rasa nasionalisme mereka lewat berbagi forum.

Saya selaku presiden eRepublik eIndonesia mengharapkan bantuan dari rekan semua untuk bisa bergabung di gamewww.erepublik.com mengingat kondisi negara eIndonesia yang saat ini dalam kondisi pelik. eIndonesia sekarang hanya terdiri dari 2500an pemain dengan sekitar 600an pemain aktif. Saat ini bergabung dengan aliansi PEACE yang berlaku hanya defensive. Disisi lain, kita menghadapi ancaman negara-negara barat yang tergabung dengan ATLANTIS dengan jumlah pemain lebih dari 20.000 orang.
me_n3m0: Visi yang saya bawa adalah perang dan menguasai dunia, tapi itu semua tidak akan berjalan tanpa pemain yang banyak, belum lagi Australia udah mengancam untuk rebel dengan kekuatan ATLANTIS dibelakang mereka. Jadi saya memohon bantuan kaskusers untuk bergabung bersama kami dan mengalahkan barat!

Saat ini baru saja ada perubahan WAR Module sehingga defend tergantung jumlah banyak atau sedikitnya populasi. Dengan kondisi pemain eIndonesia saat ini saja cukup berat untuk mempertahankan wilayah yang telah dikuasai tanpa ada tambahan bantuan.
Oleh karena itu, besar harapan saya anda semua terpancing dan ikut bergabung. Sebab, dimana lagi kita bisa menunjukkan eIndonesia jaya kalo bukan di game

Saya tunggu kedatangannya,
n3m0
Presiden eRepublik Indonesia


- eSamarinda, n3m0
Program subsidi dilakukan. Pemberdayaan para newbie juga digalakkan dengan pemberian gift dan subsidi food.
Pada tanggal 4 November 2008, pertempuran Perang Dunia I yang tertunda dua bulan kembali dibuka. Dunia untuk pertama kalinya melihat model perang baru dengan menggunakan angka Tembok (Wallpoints) bukannya pertarungan model PvP (Duel pemain lawan pemain).
Melihat semangat eIndonesia makin terpuruk, n3m0 mengajukan tantangan nekad kepada seluruh negara ATLANTIS untuk membebaskan Australia. “Coba kalau bisa!” Tantangnya, meski hatinya kebat-kebit. Negara-negara ATLANTIS sontak langsung menjawab tantangan, menghentak ganas demi membantu Australia.
Pada tanggal 8 November 2008, pihak Australia melancarkan perang kemerdekaan di New South Wales. Bersamaan dengan itu ATLANTIS melancarkan perang kemerdekaan di Western Cape, Eastern Cape, dan West Australia. Pemberontakan itu berlangsung sengit sekali hingga pada suatu titik semua terlihat sepertinya eIndonesia akan mengalami kekalahan di New South Wales. Kala itu poin tembok sudah mencapai -60,000 lebih…
“Pukul dua pagi adalah waktu kritis. Presiden eIndonesia n3m0 dalam perjalanan pulang terpaksa mampir ke sebuah poskamling demi berteduh dan online. Di tengah deraian hujan deras di luar, mati-matian melindungi laptopnya dari serangan air hujan yang menetes-netes, mengancam kelangsungan koneksi dan komunikasi yang sewaktu-waktu bisa terputus. Di layar monitor yang berkedip-kedip blink-az curhat terus menerus dari pagi hingga pagi lagi”
Perang tidak hanya terjadi di eRepublik saja, tetapi juga sampai ke ranah cyberwarfare, bahkan sampai adu lempar melempar makanan Q1 ke musuh (maupun rumah Q4 oleh salah seorang warga eIndonesia saking semangatnya)
Sementara serbuan ATLANTIS tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. n3m0 lelah luar biasa, pesimis dan putus asa. Ia memberikan komando terakhir sebelum keluar dari irc. Komando untuk perang gerilya, tanda ia telah pesimis.
5-6 jam ia tidak online. Hingga mendadak datang telpon dari DonAgung. “Mo!! Menang Mo!! Kita menang Mo!!”
Saat itu juga n3m0 menangis. Ia menangis kembali saat masuk ke dalam irc room, di mana anak-anak warga eIndonesia sedang berteriak-teriak menang! Merdeka!
Syukur pada Tuhan YME, karena pada pagi ini kembali eIndonesia bersama-sama dengan PEACE berhasil menghalau ATLANTIS. Membalikkan kedudukan dari -26.000 di defense wall menjadi secured!
Itu semua karena kedisiplinan dari semua warga dalam mendengarkan instruksi, meskipun mereka berusaha menghancurkan infrastruktur komunikasi dan weapon kita, tapi kita berhasil mengatasinya dengan baik.

Pagi kemarin, database perang kita di-hack, beruntung divisi Cyber-ei berhasil merestore kembali dan memperbaiki aplikasi tersebut. Belum lama masalah ini selesai, channel irc kita hampir di-TO orang, di lock sehingga tidak seorangpun bisa masuk! Beruntung juga foundernya masih bisa menghandle. Rupanya perang cyber tidak terhenti sampai sini. Pada saat peperangan berlangsung pada sekitar pukul 3 dinihari WIB, mibbit down terkena high traffic, disinyalir serangan DDOS. Tapi sukurlah komunikasi cadangan bisa dihidupkan sehingga rantai komando yang terputus bisa bersambung kembali.

Dalam cyber war ini, sebelum kita turun langsung ke kancah pertempuran, kita intip ternyata warga paman sam sedang bgadang di hari raya thanksgiving mereka. Mereka membahas detail strategi di channel mereka. Akhirnya kita meminta kawan2x kita yang lama di /v/ untuk lakukan spam.. berhasil… meskipun mereka mencoba memblock beberapa diantara user /v/, akhirnya mereka pasrah dan channel mereka tidak bisa dipakai ngobrol lagi. 44 user online pada waktu itu.

Pertarungan berjalan seru dan alot, dengan sisa waktu 3jam saja, kami harus bisa mengembalikan keadaan dari -26k ke secured. Perang tidak hanya dengan weapon saja, tembakan nasi basi juga saling bertukar dengan lawan. Sampai-sampai saking semangetnya, salah seorang pejuang kita melempar musuh bukan dengan food Q1, tapi dengan rumah Q4! kakakaka
Beruntung musuh sangat sportif, setelah sempat sekali mengeluarkan koment meledek, musuh tersebut bernama arcadia demi sportifitas mau mengembalikan kembali rumah Q4 kawan kita lol.
Sunggu sebuah pertunjukan kekompakan yagn sangat hebat ditunjukkan para warga eIndonesia yang mau dan semangat ketika tim jaga kita melakukan ring darurat di pagi buta. Gw bangga banget deh ama eIndonesia!

Kemenangan ini milik kita bersama, warga eI kembali menunjukkan bahwa kita bangsa berpengaruh, bergabung dengan negara-negara peace saling membantu untuk memberikan yang terbaik bagi PEACE. Perlu diketahui, sampai saat ini biaya perang masih belom memakai dana dari NBI maupun treasury. Dan juga untuk weapon dan gift, kami tidak mengeluarkan cadangan dalam negeri, tapi kami mengimport dari luar. Dengan demikian, ketika ada serangan mendadak dari lawan, kita masih bisa tahan.

ATLANTIS berusaha menyerang kita dari berbagai RW, berujung dengan kegagalan total! Mereka mencoba untuk menyerang kita langsung dengan sebuah serangan! Tapi tetap kita berhasil menahannya! DENGAN SEGALA KEKALAHAN MEREKA, SEHARUSNYA MEREKA MALU! DAN KITA JANGAN TERLENA DAN HARUS LEBIH WASPADA!


- DDB, n3m0
Setelah pemberontakan dan gempuran ATLANTIS berhasil diredam, semangat dan nasionalisme eIndonesia beranjak pulih. Pemerintah eIndonesia dan Australia menyetujui pemberian kemerdekaan kepadaAustralia dan pelepasan Victoria dan New South Wales kepada Australia.
Ini adalah bukti bahwa eIndonesia adalah negara yang besar dan memiliki simpati atas nasib negara-negara kecil. Sejak saat itu Australia menjadi sahabat kita yang dapat diandalkan dan setia.
Setelah ditunda selama sebulan penuh, akhirnya eIndonesia berhasil merampungkan persiapannya untuk menyerang negeri Tango alias Argentina. Dengan sekutu dari Amerika Latin yaitu Brazil ikut menyerbu Argentina, eIndonesia merasa yakin akan menang.
Pada tanggal 11 November 2008, eIndonesia menyatakan perang terhadap Argentina. Lalu disusul Brazil kepada Argentina pada tanggal 14 November 2008.
Akan tetapi sayangnya perang keburu tertunda selama lebih dari sebulan karena tombol pencetan perang untuk menyerang Argentina malah macet total karena bug. Penasaran dan bingung, kedua negara dengan penasaran hanya bisa melakukan serangan ekonomi terhadap pasar Argentina.
Sementara Argentina dan sekutunya tidak tinggal diam melihat ancaman ini. Mereka segera bertindak untuk menangkal ambisi eIndonesia menjamah bumi Amerika.
Pertamaxxx : Meme khas Indonesia

Meme (baca: mim, bukan mimin) adalah suatu ide atau gagasan yang entah kenapa saking menariknya diulang-ulang terus dan beranak-pinak dengan sendirinya. Meme ini adalah bukti kebanggaan dan ciri khas Budaya yang hidup dan terus berkembang.
Dalam eRepublik sendiri, bangsa eIndonesia berhasil menanamkan pertamaxxx sebagai budaya luar biasa dengan cara memperawani setiap artikel baru yang muncul dengan kata pertamaxxx (tiga x), keduaxxx, ketiaxxx, keempaxxx, dan klimaxxx, sampai keberapaxxx, kepiroxxx, dll.
Orang-orang non-eIndonesia di dunia eRepublik kontan bingung, pusing, marah, dan tidak mengerti kenapa berita yang mereka bikin bagus-bagus dihajar perta, klimaxxx.
Seorang warga menjelaskannya dengan indah, hingga akhirnya malah bule-bule ikut memakai pertamaxxx, bahkan memasarkan sendiri brand mereka seperti: pizzaa, matza, mcd, dll.
Tapi tetap saja pertamaxxx yang paling keren. Pertamaxxx adalah keberhasilan budaya. Pertamaxxx harus dilestarikan.
,Belakangan di Indonesia, muncul sebuah kebiasaan unik diantara penduduknya, lomba menjadi yang pertama memberikan komentar. Hal ini ditandai dengan munculnya kata “Pertamax” di komentar pertama pada sebuah artikel baru, yang sering diikuti munculnya “keduaxxx” dan “ketigaxxx” dan seterusnya. Hal ini bahkan sampai mempengaruhi beberapa orang eAustralian, yang dapat dilihat di sini http://www.erepublik.com/en/article/tsc-issue-2-australia-free-will-indonesia-resist–700772/1
Dalam bahasa Indonesia, “Pertama” memiliki arti “first” atau “number one” dalam bahasa Inggris, “Kedua” memiliki arti “second” atau “number two” dalam bahasa Inggris, “Ketiga” memiliki arti “third” atau “number three” dalam bahasa Inggris. Kata-kata ini dimodifikasi dengan menambahkan akhiran huruf X yang pada “Pertamax” membentuk kata yang mengingatkan pada merk lokal bensin bermutu tinggi yang diproduksi Pertamina.
Bensin Pertamax muncul sebagai penerus Premix. Bebas timbal dan memiliki nilai oktan yang tinggi (92), Pertamax dapat dengan mudah ditemukan di kebanyakan stasiun pengisian bahan bakar umum di Indonesia, yang menyebabkan merk ini mudah dikenal diantara masyarakat Indonesia. Sering kali, selain “Pertamax”, beberapa orang akan menge-post “Pertamax Plus”, yang merupakan salah satu sub-merk dari Pertamax yang memiliki nilai oktan yang lebih tinggi (96). Kadang-kadang muncul pula komentar “BioPertamax” yang merupakan sub-merk lain dari Pertamax yang mengandung etanol sebagai zat aditif.

Lomba ini selaras dengan keinginan banyak orang eIndonesia, mengejar cita-cita tinggi untuk menjadi yang pertama. Diperkirakan akan muncul komentar Pertamax di bawah.
Catatan:
Logo Pertamax, Pertamax Plus dan BioPertamax adalah hak cipta PT Pertamina (Persero) yang hanya digunakan dalam artikel ini sebagai alat bantu identifikasi berdasarkan asas “Fair Use”.


Update:
1. Sepertinya tidak ada yang benar-benar sukses melakukan komentar Pertamax di bawah b(^^)
2. Di eIndonesia ada sebuah organisasi non profit yang mengaku sebagai sebuah organisasi formal untuk komentar Pertamax, yang dinamai PERPAKIN (Persatuan PertamaXXXer eIndonesia), yang biasanya “mengesahkan”/”mendorong” komentar Pertamax.


-Draconins Quest, draconins dikutip juga di Hanacaraka, suro samidji
Perang Dunia II : Operasi French Toast
Presiden berikutnya pada periode Desember 2008 adalah Claussen dari Partai Rakyat Merdeka.
Pada tanggal 7 Desember 2008, Spanyol menyatakan perang terhadap negara-negara PEACE, lalu disusul USA, Kanada, Inggris, dan Swedia menyatakan perang terhadap Perancis.
Meski pada awalnya Perancis kehilangan satu per satu wilayahnya karena gempuran ATLANTIS, tetapi pada akhirnya, setelah 3 minggu peperangan dahsyat Operasi Gabungan PEACE GC berhasil membalikkan angin peperangan dan mengusir ATLANTIS sampai keluar Perancis.
Pada akhir Desember 2008, Argentina menyerang Western Cape sampai tiga kali (tanggal 8, 20, dan 27 Desember 2008) untuk mengalihkan perhatian eIndonesia dari menolong Perancis. eIndonesia terus berhasil mempertahankan Western Cape, sebelum ganti menyerbu Pampas.


telah diluncurkeun serangan ke pampas
http://www.erepublik.com/en/referrer/azharee
mari kita mengangkat bamboe runcing rame2 dan kita sate mereka!!!!”


- Claussen.
Dan berhasil menaklukkan Pampas pada tanggal 30 Desember 2008.
Tidak berhenti sampai di situ, eIndonesia menyerbu Patagonia sembari Brazil menyerbu Mesopotamia. Pada tanggal 1 Januari 2009, Patagonia berhasil ditaklukkan. Hanya tersisa Region Cuyo milik Argentina, akan tetapi Presiden Argentina menyerah dan meminta gencatan senjata dengan syarat meninggalkan ATLANTIS dan bergabung dengan PEACE GC.
Maka eIndonesia membiarkan Cuyo tetap merdeka di bawah kendali Argentina. Dengan ini, pertempuran eIndonesia melawan Argentina selesai.
Dengan ini seluruh negara Amerika Selatan menjadi wilayah aliansi PEACE GC serta PEACE menjadi aliansi yang lebih dominan ketimbang ATLANTIS. Mengingat banyak anggota ATLANTIS mulai saling bentrok karena saling egois (Rumania menganeksasi Rusia dan tidak membantu Argentina).
Wilayah eIndonesia kini membentang di 4 Benua, sepanjang garis khatulistiwa, dan boleh menyatakan diri mereka sebagai penguasa Samudera Hindia!
Tidak kenal istirahat maupun melupakan budi dan sahabat, eIndonesia dan sekutu-sekutunya melakukan perencanaan untuk membebaskan wilayah Jerman yang dijajah Swedia.
Presiden Claussen melancarkan Operasi Burning Spirit untuk membebaskan Jerman dari Penjajahan Swedia. Perang ini berhasil membebaskan sebagian wilayah Jerman.
Freeze oleh Mimin

Pada masa kepresidenan Bolodewo, Tahun Baru 2009 membawa berkah bukan hanya bagi Indonesia, tetapi juga kepada Jerman. Tidak hanya itu, eIndonesia juga menghibahkan RS Q5 kepada pemerintahan Jerman yang baru berdiri.
PEACE GC berhasil membebaskan lima wilayah Jerman berturut-turut. Dengan ini Jerman kembali menjadi negeri yang utuh.
Pemerintahan Bolodewo juga mempersiapkan program bersejarah berupa restrukturisasi Divisi ABeRI menjadi:
“Utamakan Koordinasi Bukan Aksi”

1. PERAMPINGAN DIVISI
Divisi Baru:
- BAJA / AKADEMI MILITER (str 0 s/d 4.99)
- DALANG (str 5.00 s/d 6.99)
- CAPUNG (str 7.00 s/d 8.99)
- BATIK (str 9.00 s/d habis)

*Elite akan dilebur sesuai STR ybs.

Deskripsi Baru mengenai Divisi:
BAJA = merupakan akademi militer untuk prajurit baru.
DALANG = Merupakan pasukan pertahanan dalam negeri
CAPUNG = Merupakan Pasukan Multinasional
BATIK = Merupakan pasukan elite eIndonesia

*Deskripsi adalah kiasan semata dan menyesuaikan situasi & kondisi.
2. PEMBAGIAN STR DAN OPTIMALISASI RANK
Pembagian STR lihat diatas
Optimalisasi Rank: Karena dasar utama pembagian divisi adalah STR maka rank bukanlah menjadi keharusan karena kondisi sekarang banyak sekali kenaikan pangkat secara drastis karena banyaknya war yang terjadi.
Rekomendasi Rank:
Str 0.00 s/d 4.99 = rank max Letnan
Str 5.00 s/d 7.99 = rank Kapten
Str 8.00 s/d 8.99 = rank Kolonel
Str 9.00 s/d up = rank General

Rekomendasi rank diatas juga akan menjadi acuan program promosi ybs. Jadi apabila anda mempunyai Str 8.xx maka akan dibantu untuk mendapatkan rank Kolonel.
3. PROGRAM ABeRI MANDIRI
Dengan adanya beberapa perusahaan company yang dimiliki oleh Pemerintah dan Divisi ABeRI maka akan diadakan program sebagai berikut:
a. WAMIL
Wajib bagi seluruh anggota ABeRI dengan pelaksanaan 7 hari dalam 30 days waktu erep.
Distribusi WAMIL akan dilakukan dimasing-masing divisi dengan menimbang SKILL yang dimiliki untuk mendapatkan produktivitas maksimal dibidang keahlian masing-masing.

Bagi ABeRI aktif yang tidak mengikuti WAMIL maka akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan ANDIL atau TIDAK akan mendapatkan bantuan logistic perang.
Dari WAMIL ini diharapkan ABeRI dapat lebih berkonsentrasi untuk mengalang kekuatan dan mengurangi beban anggaran dari Pemerintah.
b. PROMOSI
Dengan adanya pemenuhan kebutuhan secara intern maka semua anggota ABeRI dapat dikonsentrasikan untuk segera mendapatkan promosi dengan adil dan merata.
c. LAIN-LAIN
Perbaikan fungsi Administrasi yang berjalan saat ini. (ANDIL, ABSEN dan ATM)
Hal lain yang dianggap perlu akan dimasukkan dalam agenda pertemuan.
Demikian skema pertemuan yang akan dilaksanakan. Saran dan kritik silahkan masukan pada saat pertemuan atau dengan menuliskan comment dibawah.
MARI BERSAMA KITA SUKSESKAN PROGRAM KOMUNITAS eINDONESIA!!!

SALAM ABeRI!!!!

- Borneo-to-Smile, Bolodewo

Pemerintahan Bolodewo mematangkan aksi dan rencana untuk melebarkan sayap kembali. Akan tetapi malangnya admin membekukan modul war karena maraknya bug selama dua minggu serta aneka perbaikan lainnya. Sontak seluruh dunia diam hening, asyik mempersiapkan dan menumpuk bahan baku untuk perang dahsyat berikutnya.

Operasi Sabrina

Jika diibaratkan pemerintahan Bolodewo adalah pemerintahan Clinton di mana terjadi kemajuan ekonomi dan tabungan meningkat, maka Februari 2009 menandakan pemerintahan dengan anggaran belanja militer raksasa ala George W. Bush di bawah kepemimpinan Presiden aban dari PReI.

Di bulan ini muncul 4 negara baru, 3 di antaranya adalah tetangga eIndonesia yakni: Malaysia, Filipina, dan Singapura. Demi tujuan menjaga agar negara-negara baru ini tidak di-TO oleh rival-rival mereka, maka beberapa warga negara eIndonesia mengambil inisiatif untuk membantu tetangga mereka yang baru lahir ini dengan membentuk partai politik atau menjadi penasihat bagi negara baru itu.

n3m0 membantu Filipina dengan meminjamkan uang,

Masila menjadi penasihat ketua partai pertama di Singapura,

b0ng mendirikan partai Koalisi Malaysia untuk membantu Malaysia.

Sementara itu, Hungaria melakukan iklan ke televisi dan surat kabar di kehidupan nyata, mengobarkan semangat nasionalisme untuk melawan Rumania yang menjajah sebagian besar wilayah mereka. Akibatnya terjadi ledakan populasi di atas 5500 penduduk, sehingga menggeser eIndonesia yang memiliki 5400-an warga. Banyak penduduk Hungaria yang hijrah ke eIndonesia untuk sementara karena situasi ekonomi dalam negeri mereka. Di Indonesia, mereka bisa bertumbuh dan berlatih perang. Tercatat lebih dari 600 orang warga Hungaria tinggal di eIndonesia. Hubungan dua negara besar ini mulai terjalin mesra.

Sambil mempropagandakan keinginan eIndonesia untuk melabrak USA membuat negeri Paman Sam merasa jerih, eIndonesia malah diam-diam melancarkan operasi Sabrina atau Sampai Berjumpa di Rumah Nia (Rumania):

eIndonesia mengadakan pertukaran wilayah dengan Thailand Selatan untuk mendapatkan akses menuju Tamil Nadu, India yang dikuasai Pakistan.
Melalui serangkaian tukar guling wilayah yang telah disepakati antara eIndonesia dan Pakistan, maka eIndonesia berhasil mendapatkan wilayah Andhra Pradesh, Gujarat, Jammu dan Kashmir, Maharashtra, India Utara, Rajasthan, dan Tamil Nadu.
Tampak seakan eIndonesia ingin menyerbu India dan merebut Karnataka, region yang memiliki produksi baja tinggi. Akan tetapi setelah menyatakan perang, eIndonesia malah mengambil jalan lingkar dan bertukar guling dengan Pakistan dan Iran lagi, hingga akhirnya meraih Xinjiang.
Wilayah eIndonesia sekarang membentang dari Pampas hingga Tasmania, dari Laut Kaspia hingga ke Merauke. Setelah eIndonesia memasang RS dan Pertahanan Q5 di Xinjiang, perang dengan Rumaniatidak terelakkan demi merebut wilayah West Siberia yang memiliki sumber daya alam terkaya di dunia.
Pada tanggal 21 Februari 2009, sesuai perjanjian, wilayah Pampas dikembalikan kepada Argentina. Kemudian pada tanggal 23 Februari 2009, wilayah Patagonia dikembalikan kepada Argentina. Dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian damai, maka perang Indonesia-Argentina berakhir.
Indonesia serentak berkumpul kembali di Western Cape dan Xinjiang, bersiap menghadapi seteru terhebatnya: Rumania.
Karena Pakistan di-TO Rumania pada pemilu kongres bulan itu, maka Iran dan eIndonesia mengambil alih wilayah Pakistan yang tersisa, sehingga menambah wilayah eIndonesia dan Iran mendapatkan Cina.
India yang dibayar oleh Rumania untuk menyerang eIndonesia akhirnya di-TO eIndonesia pada tanggal 5 Maret 2009, sehingga seluruh wilayah India dikuasai eIndonesia.
Dengan bantuan serbuan Hungaria terus menerus untuk meredam Rumania, eIndonesia berhasil menyerang West Siberia. Pada tanggal 6 Maret 2009 dalam pertarungan paling dahsyat dalam rekor eRepublik pada masa itu, eIndonesia menghancurkan 140k poin tembok dan menaklukkan West Siberia. Lebih dari 900 penduduk Rumania tertawan dan ratusan perusahaan tersita. eIndonesia menjadi negara urutan pertama di dunia eRepublik saat itu!

“Ketika eRomania menyatakan perang dengan eIndonesia, kami pun melakukan rapat maraton dengan Hungary dan beberapa negara ally. Hasilnya, Hungary pun menyerang eRomania untuk memblok serangan eRomania. Sementara itu, eeArgentina menjadi negara pertama yang secara resmi menyatakan akan mengirimkan pasukan untuk membantu eIndonesia, disusul oleh ePortugal, eNetherland, Pasukan Theocrats, eIran, eTurkey, eHungary, eRussia, eCile dan eItalia. Perang pun pecah di saat jabatan saya hanya tinggal 45 menit dan hasilnya sudah sama-sama kita ketahui bahwa kita berhasil mengambil wilayah West Siberia.

Kita adalah negeri pemenang!!!”


- The Fourth Estate, aban
Rondo Neraka, Perang Dunia III
Situasi dunia memanas hebat. Setelah pemilu berakhir, maka menteri pertahanan dari periode sebelumnya, rikwandi, terpilih menjadi presiden eIndonesia. Juga diwarnai ledakan penduduk dari mulanya 5500 orang menjadi 6000 lalu 8000 dan akhirnya menembus di atas 10,000 (sekarang Juni 2009, berjumlah sebesar 14000) warga! Diperkirakan banyaknya warga ini juga berasal dari masuknya warga asing ke eIndonesia, sehingga eIndonesia mulai menjadi negara multinasional.
Pada periode ini, sejarah mencatat dibukanya Universitas pertama di eIndonesia. Bertempat di channel #kelasnubi, di bawah program Menkominfo.
Pada tanggal 9 Maret 2009, eIndonesia menaklukkan Northern Region dan membebaskannya kembali ke Rusia.
Rumania mengumumkan negaranya menjadi sistem kediktaktoran militer darurat. Mereka lalu mengambil jalur lewat Norwegia, dan kembali mengancam West Siberia.
Pada tanggal 20 Maret 2009, Rumania merebut kembali West Siberia. Angin peperangan dan perpolitikan segera berbalik. Awan gelap mulai menyelubungi Indonesia.
Pukulan demi Pukulan
Periode ini salah satunya diperparah dengan krisis politik di Indonesia. Pada bulan April, DonAgung dari partai Rakyat Merdeka terpilih menjadi presiden. Akan tetapi karena tekanan kehidupan nyata dan situasi, Presiden DonAgung meletakkan jabatannya, dan jabatan presiden diemban wakil presidennya: gagah.
Dilakukan misi TO ke Cina untuk menjadikannya sebagai negara satelit untuk membendung Rumania. Misi ini dikepalai oleh Mimihitam dan diselesaikan dengan baik pada masa pemerintahan Darkyojimbo dengan dipukul mundurnya Rumania, dibersihkannya Cina dari pengaruh asing, serta berkembangnya ekonomi dan penduduk Cina.
Akibat hal ini serta menyurutnya semangat sejak direbutnya West Siberia, Rumania agaknya tak terbendung. 15 battles mereka menangkan berturut-turut dan mereka mulai menancapkan kukunya ke Asia. Berturut-turut wilayah Pakistan dan India mereka menangkan, kecuali benteng eIndonesia di Xinjiang dan Karnataka.
Tetapi gagah berhasil memulihkan koordinasi dan kepercayaan diri rakyat eIndonesia, sehingga pada tanggal 30 April 2009, melalui kemenangan monumental di Andhya Pradesh, eIndonesia mulai melancarkan serangan balik demi serangan balik. Merebut kembali seluruh wilayah yang tadinya diambil Rumania.
Darkyojimbo, Runtuhnya ATLANTIS, Munculnya Matzablays
Di bawah kepemimpinan Darkyojimbo pada bulan Mei, eIndonesia meraih kejayaan tak terkira. Menindaklanjuti momen dari pemerintahan sebelumnya, eIndonesia berhasil merangsek dan merebut wilayah demi wilayah, dengan puncaknya:
Pada tanggal 14 Mei 2009, eIndonesia berhasil merebut kembali West Siberia.
Pada tanggal 16 Mei 2009, eIndonesia berhasil menaklukkan East Siberia.
Karena alasan bahwa eIndonesia curang, memanfaatkan bug, dan aneka alasan aneh lainnya, Rumania memutuskan retreat dari semua wilayah jajahannya dan kembali ke negeri asal mereka. Menolak berperang, sehingga efektif perang antara eIndonesia dan Rumania terhenti. Belum dilakukan perjanjian damai sampai sekarang.
Akhirnya, karena perselisihan internal, aliansi raksasa bernama ATLANTIS akhirnya tumbang juga.
“This is the last official ATLANTIS letter that will appear, ATLANTIS is no more. Romania and Sweden have gone one way, UK and USA another. 2 days ago a final meeting has been held, some things where said there and the end of ATLANTIS was concluded. “
-Voice of ATLANTIS, SG of ATLANTIS: Shadowucks
Sebagai aksi balas dendam, Rumania mencaplok PKeI dan mengubah namanya menjadi Partai Matzanesia untuk mencaplok eIndonesia melalui TO di bawah koordinasi Victor Petrescu. eIndonesia merespon ancaman TO terhadap tanah air ini melalui upaya menghambat Matzanesia menjadi 5 Partai Terbesar. Tetapi aliran deras anggota-anggota Matzablays membuat rencana ini gagal.
Lalu, eIndonesia mengumpulkan semua calon kandidat kongresnya yang aktif ke dalam PReI yang diubah menjadi Partai Resmi eIndonesia. Dengan dukungan suara dari negara-negara PEACE GC, maka pada pemilu Mei 2009, hanya 50% kursi kongres yang bisa dikuasai kaum Matzanesia.
Dalam perkembangan selanjutnya, banyak dari kursi kongres ini yang di-ban karena multi-account. Akibatnya, dominasi warga eIndonesia dalam kursi kongres bisa dipertahankan hingga kini.
Pada periode ini juga ditandatangani perjanjian pengembalian wilayah Tasmania, South Australia, dan West Australia yang sekiranya akan dilakukan dalam tempo 3 bulan ke depan.
Pada periode Bulan Juni 2009, Masila, presiden pilihan koalisi semua partai berhasil mengalahkan kandidat Matzanesia: Victor Petrescu.
Dinamika Penduduk eIndonesia
Penulis berpandangan bahwa konflik internal warga eIndonesia sebagai bagian dari proses tiada akhir dari perubahan suatu bangsa. Semakin aktif dan panas seterunya, meski memercikkan api dan kadang darah, justru semakin menandakan kepedulian mendalam mengenai eIndonesia tercinta. Dalam hal ini, perlu dibahas juga berbagai isu pokok dalam tubuh eIndonesia sebagai berikut:

Konflik Mengenai Pemberian Kemerdekaan Kepada Siapa pun
Baik itu kepada Australia, South Afrika (sayang belum terjadi), India, atau Cina, dan terutama, Argentina, acap kali pemerintah menyetujui pelepasan tanah yang dengan mati-matian telah direbut, niscaya muncul seruan dan jeritan protes dari warga bangsa. Terutama dari golongan para prajurit yang telah ikut bertempur dan berkorban jiwa di ranah bersangkutan.
Terlepas apakah keputusan pemerintah itu benar atau salah, yang pasti berkat keputusan mereka jugalah kita bisa mencapai kejayaan yang bisa kita nikmati saat ini. Juga harap diingat bahwa kejayaan eIndonesia juga bergantung dari adanya dukungan dari negara-negara lainnya sebagai sahabat kita. Terkadang ada yang membayangkan citra kejayaan itu sebagai eIndonesia yang menguasai bumi. Ada juga yang melihatnya sebagai citra eIndonesia yang disegani dan dihormati.
Bentrok antara kedua pandangan ini akhirnya dirasionalisasi dengan kompromi berupa: eIndonesia adalah negara adidaya, gila perang, tetapi karena tidak mungkin menguasai semua penjuru bumi, maka kita berhak menguasai sebanyak mungkin wilayah yang ada, dengan menjaga persahabatan dan reputasi kita di mata dunia.
Pemerintah selalu Salah, jika Pemerintah Benar jangan dipuji
Sejarah IRL kita menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang jarang sekali memberi pujian kepada pemerintahan kita. Pujian bisa muncul pun hanya setelah diteliti masak-masak dan tak terbantahkan lagi, pujian yang singkat dengan bibir yang tipis, meski melalui silat lidah segera saja pujian tadi bisa jadi kritik plus maki-makian.
Terkadang, dalam menjalankan rencana masa depannya, pemerintah dipaksa melakukan pengorbanan besar demi meraih sesuatu di masa depan. Bahasa filsufnya: menjual satu ekor burung di tangan demi menembak burung-burung dengan senapan (yang akan dibeli dengan burung tadi). Tapi warga seringkali tidak melihat uang transaksi burung tadi, atau pun rencana menembak burung. Warga juga marah ketika pemerintah membeli senapan dan marah ketika saat proses menembak banyak peluru berdesingan membuat ribut, dan mereka baru berteriak gembira saat burung-burung berjatuhan. Hanya untuk marah lagi ketika pemerintah membeli tank baja!!
Terlepas dari itu, jika warga diam saja, pemerintah cenderung semaunya. Pemerintah tidak akan ada yang menjagai, dan menjadi lalim dan sewenang-wenang. Atau, bisa saja pemerintahan yang muncul adalah pemerintahan tauge, alias pemerintahannya hanya punya visi sekarang saja, 1 bulan saja, sehingga bisa saja saling menggagalkan program yang dibangun pemerinath sebelumnya atau akan datang. Perumpamaannya adalah seperti sebuah kapal yang nakhodanya menyuruh berlayar sebentar ke utara, lalu ke selatan, ke utara, ke selatan, dst.
Apalagi jika sudah menyangkut Kura-Kura Ninja, tak terbilang banyaknya artikel yang menuduhkan kata korupsi atau tidak transparan. Bahwasanya, saya tidak tahu siapa korupsi atau tidak, akan tetapi warga eIndonesia dan Indonesia pada umumnya harus paham bahwa Korupsi 0% itu bisa dicapai.
Dalam IRL, saya melihatnya dalam eksekusi organisasi bernama Grameen Bank dan banyak sekali Yayasan Humanisme yang saya kenal. Sedangkan dalam game ini, korupsi sangat minim sekali. Meski banyak yang tergoda melakukannya, saya merasa pelakunya pun saya rasa takkan langgeng dalam game ini dan dicela, karena itu demi game itu sendiri, tentunya korupsi itu bisa diminimalisir. Dengan pemikiran itu, marilah kita bersikap terbuka bahwa pemerintahan yang tidak korup itu ada dan patut dipuji. Pemerintahan yang tidak korup itu tidak selangka yang kita bayangkan.
Habisnya, jika pemerintah korup, bagaimana mungkin kita bisa menguasai dunia? Indonesia IRL pun demikian kayanya hingga kadang-kadang sukar dipercaya, tapi kadang bukan korupsi yang melumpuhkannya. Melainkan korupsi batin dan sudut pandang yang menafikan apa yang putih sebagai hitam, dan apa yang hitam sebagai selama-lamanya hitam, tetapi sembari menaruh toleransi dan membungkuk-bungkuk kepada yang hitam itu sendiri. Heran juga, cinta atau bencikah kepada korupsi kita ini? Beruntung ini bukan IRL, tapi beruntung juga IRL karena ada kita sebagai komunitas teladannya.
Jikalau kita masih menganggap pemerintah korup, maka mohon periksalah dengan cermat. Lalu jika mereka memang korup, maka tanpa dituduh pun mereka sudah tersingkir dengan sendirinya.
Now, What?
Pada periode awal pemerintahan Masila, pada tanggal 11 Juni 2009, dilakukan perjanjian pengembalian wilayah eIndia kecuali Karnataka dan Madhya Pradesh.
Terjadi ledakan penduduk kedua Serbia dan gelombang TK-eSerbia ke eIndonesia. eIndonesia menjalin hubungan yang semakin erat dengan eSerbia.
Terus dilakukan latihan perang bersama dan berpartisipasi dalam Operasi Militer dengan PEACE GC, tidak pernah eIndonesia melupakan visinya untuk kembali membentangkan sayap untuk mencapai lima benua.
“Walau hasil pilcong tidak seperti yang kita harapkan setidaknya Indonesia saat ini jadi tempat pertemuan bangsa-bangsa dari seluruh dunia, ribuan pekerja asing dari luar negeri mau mengabdi si perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia dan membentuk komunitas yang menerbitkan buletin informasi untuk mendukung eksistensi mereka dengan bahasa mereka masing-masing. Secara keseluruhan lebih dari 10% penduduk dunia hidup di Indonesia, mencari makan dengan bekerja keras serta membayar pajak untuk kemajuan negara ini.
Secara ekonomi Indonesia adalah pusat perdagangan terbesar di dunia, dengan banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia (2407) yang mengekspor barangnya ke berbagai negara, dengan produk mulai dari berlimpahnya hasil bumi seluruh region berproduktivitas tinggi Indonesia sampai dengan barang jadi berkualitaas.
Pemerintah Indonesia menjadikan idr sebagai mata uang yang paling berharga di dunia apabila dibandingkan dengan emas sehingga bangsa Indonesia relatif lebih mudah untuk membeli barang yang dijual di seluruh dunia.
Secara militer Indonesia juga terkuat dengan berkumpulnya 363 Jenderal dan 77 FM dari seluruh dunia membuat MPP pun tidak ada artinya jika berhadapan dengan tentara kita yang rata-rata berlevel 15, tinggi bukan?
Secara politik Indonesia bersama dengan PEACE sekarang menjadi yang terdepan dalam kerjasama Internasional. Indonesia pernah memiliki wilayah dari keseluruhan 5 benua dunia dan saat ini membuat kita memiliki kongress dari berbagai region yang ada di dunia. Hal ini membuat Indonesia relatif sulit untuk menentukan keputusan.
Sebagai pusat peradaban dunia hal ini adalah tantangan ke depan kita. Namun setidaknya saya rasa untuk saat ini negara kita masih di dalam haluan jalan yang benar.”


“Merdeka Merdeka, Semarangindah
Asia, Afrika, Australia, Eropa telah pernah kita kuasai. Hanya satu saja yang masih belum tunai kita reguk.
Mencetak sejarah dengan maju dan menyerang Amerika Serikat! Menguasai negeri yang adidaya di dunia IRL ini! Sampai saat berita ini ditulis, bangsa kita masih melakukan persiapan terus menerus untuk bisa menunaikan impian para perintis bangsa ini.
Let’s go to Hawaii!! Kutunggu di Washington DC!
Hidup eIndonesia!!
——————————————————————————————————
Masih banyak sejarah yang harus ditorehkan. Adalah tugas kita untuk mengemban tugas dan meneruskan apa yang telah dilakukan pendahulu-pendahulu kita, bersama-sama bekerja sama, demi mencapai eIndonesia jaya!
Negeri eIndonesia masih memerlukan banyak sekali penduduk, demi memakmurkan serta mengukuhkannya sebagai negara adidaya di dunia!
Bergabunglah menjadi penduduk eIndonesia dan jayakan eIndonesia!
Temukanlah impian hidupmu, apakah itu menjadi pekerja, pengusaha, tentara, politisi, sampai menjadi DPR atau Presiden sekalipun! Atau menemukan komunitas dan sahabat, eIstri dan eSuami yang tak terlupakan!
Sambil semuanya tanpa terasa menjadi bagian sejarah eIndonesia!
nah gimana gan setelah membaca sejarah eIndonesia digame ini gan? apakah agan2 merasa ingin membantu eNegara kita tercinta ???
jika iya mari klik link dibawah
Main eRepublik
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

thanks for share your knowledge with us

Balas
avatar

vlavin dann is mine fevourite hero

Balas

Terimakasih telah berkomentar