Penyebab Lambatnya Koneksi Internet

Seperti banyak keluhan para netter, Anda juga mungkin kesal, mengapa koneksi internet Anda makin melambat. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan masalah ini. Berikut ini Kita analisa berbagai kemungkinan yang menyebabkan mengapa hal ini bisa terjadi.
1.PC Anda memang lambat. Koneksi komputer jelas terpengaruh oleh lambatnya komputer. Semakin sehat hardisk, prosesor yang tangguh, motherboard yang stabil akan membuat browsing Anda semakin lancar. Secara default, jika komputer Anda “payah” saat membuka browser sebelum terkoneksi internet, apalagi kalau sudah terhubung pasti mirip “semut” bandwidth Anda.
2.Virus. Virus jelas dapat memperlambat bandwidth Anda. Belum lama Saya “nyasar” membuka situs yang berbau pornografi. Ternyata situs yang berbau hal-hal yang “begituan” memang banyak mengadung virus, spam, mallware, dan lain-lain yang berbahaya. Untung saja pertahanan Saya cukup tangguh. Kalau tidak, RAM Saya akan terbebani oleh ganasnya virus. Anda mau mencobanya?


3.Cuaca. Cuaca buruk akan mengganggu jalannya koneksi wireless. Hal ini disebabkan, data yang diterima dari sumber (misalnya ISP) akan terhambat ke perangkat wireless Anda. Sehingga sumber koneksi harus mengulang beberapa kali.
4.Overload Traffic. Penuhnya lalu lintas data membuat switch, router, atau access point Anda “bingung”. Tabrakan data-pun terjadi. Jika Anda pengguna jasa warnet, cobalah Anda gunakan internet pada jam disaat semua orang sedang istirahat. Misalnya antara jam 9 malam sampai jam 6 pagi.
5.Menumpuknya Sampah. Chace, browsing history, download history, cookies semua tersimpan dalam dalam browser anda. Sampah-sampah ini silahkan anda hapus. Jika Anda menggunakan Mozilla : [Tools] [clear private data] [clear private data now]. Jika Anda menggunakan Opera : [Tools] [delete private data] [delete]. Jika Anda menggunakan Internet explorer [Tools] [Internet Options] [delete cookies] [clear history].
6.Kabel longgar. Baiknya Anda memeriksa kabel modem atau kabel LAN Anda. Apakah kabel-kabel tersebut sudah tua, terjepit, atau malah terlipat.
7.Beloknya Antenna. Koneksi wireless sebaiknya harus LOS (searah). Antena yang berbelok akan menjauhkan sinyal Anda dari sumber internet. Ada baiknya posisi antenna milik Anda minimal 18 Meter dari tanah.
8.IP Conflict. Jika Anda pengguna jasa hotspot, sering kali IP conflict terlihat pada bagian bawah taskbar Anda. Hal ini disebabkan banyaknya pemakai atau sedikitnya DHCP yang di-share. Mohon konfirmasi kepada operator, barangkali ada yang “sengaja” membentrokkan IP agar dapat “merampok” bandwidth Anda.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar