KUNJUNGI WEB SAYA

Trik Mengelola Blog yang baik dan benar

Setelah sebuah blog dibuat, tentu perlu secara terus menerus dikelola. Selain akan lebih bermafaat bagi pemilik dan tentusaja orang lain, blog yang memiliki angka kunjungan tinggi dapat menjadi sumber pendapatan.
Karena itu perlu diketahui beberapa tip dan trik dasar dalam mengelola blog. Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang blogger dalam mengelola blognya antara lain:
Jangan buat terlalu banyak blog.
Meski banyak provider blog di internet umumnya membolehkan seorang user untuk memiliki blog sebanyak-banyaknya namun ini akan menyulitkan bloger sendiri dalam mengelolanya. Lebih baik memiliki sedikit tapi informatif dan up to date daripada banyak tapi kosong.
Rencanakan content sematang mungkin
Jika kita bermaksud membuat blog mengenai hobi yang kita sukai atau disiplin ilmu yang kita kuasai atau tekuni, usahakan untuk menpersiapkan konten-konten yang akan kita lakukan. Lakukan riset dengan berbagai cara. ini akan menentukan kredibilitas blog kita nantinya. Misalnya sudah banyakkah blog sejenis yang ada, seberapa baik content mereka, seberapa tinggi minat pembacanya.Kemudian lihat kemampuan dan kesiapan kita.
Hal yang paling penting dalam kaitan dengan konten blog selalu berani dengan konten baru (tidak harus jadi followers), ini yang membuat dunia blog unik.
Seandainya blog yang akan kita buat adalah blog komunitas, undang partisipan-partisipan dan tanyakan kepastian mereka untuk memberi kontribusi terhadap blog yang akan kita buat nantinya.

Update terus blog anda
Semakin sering anda mengisi blog anda, akan semakin tinggi rating blog tersebut dalam search engine dan semakin mudah netter menemukan blog anda. Blog atau situs yang tidak pernah atau jarang diupdate akan hilang dari search engine.
Selain itu perhatikan tata letek tulisan dan gambar. faktor artistik dan kesederhanaan merupakan dayatarik tersendiri bagi netter.
Perhatikan apa yang disukai pengunjung
Untuk mengetahui keinginan pengujung atau istilah ekonominya market demand, disitu bisa kita lihat statistik pengujung anda, tulisan apa yang paling banyak di baca, kata kunci apa yang digunakan netter hingga mengarah ke situs anda. Lakukan analisa dan perbanyak tulisan pada jenis tulisan yang paling disukai.
Akan tetapi jangan ambil jalan pintas. tulisan-tulisan tertentu yang bermuatan ilegal memang akan berhasil mendongkrak popularitas blog anda, tapi jangan kaget jika suatu saat situs anda terblokir karena pada umumnya pengelola blog server telah menanam program penyaringan isi situs atau ada netter yang malaporkan.
Berikan respon secepatnya
Selalu periksa daftar respon dari tamu blog anda. Beberapa blog server menyediakan mail forwarding terhadap respon-respon yang masuk terhadap blognya. Penulis sendiri menset handphone agar dapat mengakses email dan melakukan pengecekan secara reguler. dimanapun penulis berada.
Ranking search enggine
Aspek Optimalisasi dalam search engine (SEO) mungkin merupakan hal yang terlalu penting bagi blogger, akan tetapi sedikit apresiasi tentang hal ini akan bermanfaat. Sebuah blog potensial mungkin sangat dibutuhkan banyak pembaca, akan tetapi karena kurang search engine friendly jadi luput dari perhatian mereka. Dan ketika dilakukan rekonstruksi desain, judul, tag, catagory sering terjadi peningkatan kunjungan.
Dengan mendaftarkan situs blog kita di search engine netter lain dapat lebih mudah menjangkau blog milik kita. Misalnya untuk mendaftarkan situs blog kita di google.com masuk ke http://www.google.com/intl/id/submit_content.html
Masalah berikutnya menaikkan rangking situs kita pada database search engine tersebut. Pelajari karakteristik setiap search engine seperti web crawler, web index, site map dsb.
Ada cara sederhana meningkatkan rangking situs kita yang berlaku universal pada semua search engine. Yaitu dengan mengakses situs kita sendiri melalui mesin pencari. Lakukan hal tersebut sesering mungkin. Penulis sebagai seorang pendidik sering mengarahkan murid saya sendiri untuk mencari dengan kata kunci tertentu misalnya “Devils Online” ;) .
Hindari OOT
Setelah anda menentukan jenis blog, usahakan untuk tetap fokus pada jenis content yang anda pilih. Meski anda boleh menulis apapun kedalam blog anda, tulisan-tulisan yang keluar topik mungkin mengurangi respek pengunjung dan akan mengurangi nilai blog anda.
ada banyak tip-trik lain yang perlu anda ketahui sebagai bloger sejati, anda bisa mencarinya dengan search engine. Sepertinya terlalu banyak aturan ya?, tapi itulah konsekuensi menjadi selebritis di dunia maya.
Kunjungi blog tetangga
Di dunia maya silaturahmi tetap penting, berbagi link (blogroll) merupakan esensi penting dari blog, dari sini terbentuk sebuah komunitas berdasarkan kesamaan interest, latar belakang, profesi. Membaca dan mengomentari baik itu dukungan, kritik, ucapan terima kasih blog-blog tetangga menjadikan dunia blog menjadi hangat, tulus, segar dan membawa pencerahan.
Saat memposting sebuah komentar, ada baiknya kita selalu mencantumkan blog kita sebagai bentuk personal responsibility atas tulisan yang kita buat sekaligus membuka kesempatan readers melacak balik.

Sumber : google.co.id
Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

thank... informasinya.

Balas
avatar

sama-sama gan,, terimakasih telah berkunjung.

Balas
avatar

nice info nya gan, tp ada yang mau ane tanyain ni gan,
"faktor artistik dan kesederhanaan merupakan dayatarik tersendiri bagi netter." itu maksud nya ap yah gan??

terus ane udah daftarin blog ke google, itu kalo udah diproses di kasih tau ap ngak yah gan?

mohon sarannya yah gan, soal nya ane baru di dunia per-blog-an :D
o iya, mampir juga ke blog ane yah gan :)
thanks gan

Balas
avatar

nanti ada verifikasinya coba cek di google webmaster toolnya.. apakah sudah terverifikasi?

Balas
avatar
Anonymous 09:58:00
delete

thanks infonya gan. sebagai pemula, gue butuh banget tentang info kayak gini. jangan lupa berkunjung ke blog gue gan. plus kasi masukan..hehehehe
http://habhibi.blogspot.com/

Balas

Terimakasih telah berkomentar