KUNJUNGI WEB SAYA

Ebook SIG Arcview -- Tutorial Arcview dan Tools & Plug-Ins


Dua buku yang dijual terpisah ini, dapat anda jadikan rujukan untuk dapat menguasai Arcview secara instan. Lebih-lebih bila anda tidak ingin berlelah-lelah membaca buku manual Arcview versi bahasa Inggris. Saya sarankan Anda untuk membeli kedua buku ini sekaligus, meski untuk itu anda musti merogoh kocek lebih dari seratus ribu rupiah. Bila anda menyukai bahasa pemrograman Avenue tersedia pula buku ketiga berjudul "Sistem Informasi Geografi:Arview Lanjut (Pemrograman Bahasa Script Avenue)."
Buku pertama yang diberi subjudul "Tutorial Arcview" mengupas habis struktur perangkat lunak Arcview. Secara keseluruhan, penulisan buku tutorial ini dibagi ke dalam 24 bab yang saling terkait.
Untuk pemula, disarankan untuk membaca mulai dari bab 1 hingga tuntas. Sedangkan untuk pengguna yang tergolong sebagai kelompok intermediate atau advance silakan untuk langsung melompat pada bab 4 hingga selesai. Hemm, sudah merasa advance kah anda ?
Pada buku kedua bertajuk "Tools dan Plug-Ins", anda akan dimanja dengan panduan belasan ekstension terpopuler dari Arcview, baik yang bersifat core (bawaan) maupun optional. Beberapa extension yang dibahas diantaranya: Projection utility, crystal reports, cad reader, on-screen digitizing, geoprocessing, graticules & measured grids, image data readers, chart viewers & converters, legend tool, 3D analyst, Spatial analyst, image analyst, tracking analyst, model builder dan lain sebagainya.
Ingin mencoba membuat extension Arcview sendiri ?
Catatan kecil untuk penerbit, akan lebih baik bila pemilihan font pada buku "Tools dan Plug-Ins" disamakan dengan font pada buku "Tutorial Arcview". Font yang digunakan sekarang tampak kaku dan terlalu kurus. Terasa melelahkan untuk buku setebal 600 halaman.
Sedangkan untuk pengarang, bisakah catatan kaki yang nyaris menghiasi setiap halaman dikurangi atau sukur-sukur langsung "dibenamkan" di badan tulisan? Memang tidak mudah, tapi itulah tantangan dan seni menulis buku.
Oke, Anda tertarik untuk membeli? Silakan berburu di Toko Buku langganan Anda. Di beberapa outlet Gramedia (hingga Oktober 2006) masih terpajang satu-dua eksemplar.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar