Untuk Memulai SIG Open Source Template

Saat hari ini mendownload QuantumGIS, perkembangannya pesat sekali, luar biasa, waow.. Ada suatu perasaan senang ketika saya menemukannya setelah mencoba-coba beberapa tool standar GIS, waow.. masih terasa tidak percaya, kok bisa ini kan open source, software gratis, kok bisa sebegitu hebatnya. Salut untuk tim Quantum GIS, saya secara pribadi sangat mendukung.
QuantumGIS setelah saya eksplorasi sedikit, mempunyai potensi ancaman yang luar biasa untuk software-software sig lain yang harus beli lisensi alias berbayar. Bahkan sekilas saya lihat interoperabilitasnya melebihi beberapa software SIG yang berbayar tersebut.
Kata luar biasa, luar biasa, luar biasa itu yang masih muncul dibenak saya. Semoga QuantumGIS tetap eksis, dan tidak terjebak dalam situasi politik ekonomi pasar yang akan memaksa dia menjadi tidak gratis lagi.
Untuk memulai Quantum GIS tentu saja anda harus memilikinya dengan mendownload di websitenya seperti berikut :
QuantumGIS 1.60 Copiapo Website
http://qgis.org
Besar file yang anda download kurang lebih 81MB, jika anda klik file QGIS-OSGeo4W-1.6.0-14615-Setup-2.exe akan menghasilkan instalasi software sebesar 450MB.
1. Klik next pada gambar dibawah ini :

2. Baca Agreement dibawah, dan klik I Agree (Saya Setuju) untuk memulai instalasi.

3. Anda bisa membiarkan setting folder instalasi tetap seperti gambar dibawah, atau anda juga dapat mengganti dengan mengarahkan ke nama folder yang lain.

4. Anda dapat menginstall Programnya saja dengan membiarkan tetap seperti gambar dibawah, atau ditambahkan beberapa data dibawahnya dengan memberikan tanda cek/centang/contreng pada kotak disampingnya, tetapi instalasi sampel data ini membutuhkan koneksi online.

5. Instalasi akan berjalan dan selesai.

6. Quantum GIS Siap untuk digunakan.


auto feed silahkan cek http://komunitasgis.com/?p=67
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar