Petunjuk Pendataan Biodata Ujian Nasional (BIO UN)

panduan ini bisa di download free berikut adalah petunjuk pendataan BIO UN Sekolah Dasar maupun khususnya tetapi untuk semua software pendataan sepertinya sama saja, hanya sedikit perbedaan. setuju tidak setuju kita harus mengikuti teknologi yang semakin maju, di kampung saya yang sekolahnya jauh kemana-mana pun harus mengikuti peraturan, walau bagaimanpun juga kita harus sadar akan pentingnya pendidikan. karena jarang sekali ada banyak orang yang benar-benar peduli terhadap siswanya :D becanda, berikut adalah panduannya

PENDATAAN PESERTA UJIAN NASIONAL ( OFFLINE )

Aplikasi Pendataan Ujian Nasional meliputi jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs/SMPT, SMA/MA serta SMK adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani mekanisme pendataan siswa calon peserta Ujian Nasional.

Saat ini dan selanjutnya sistem pendataan calon peserta ujian nasional akan dilakukan secara online. Kita berharap kegiatan pendataan online ini akan berjalan dengan lancar tanpa halangan apa pun. Namun karena tidak semua daerah dapat mengakses internet dengan baik maka, kami membuat aplikasi pendataan offline ini, tujuannya adalah untuk memudahkan menginput data secara offline dahulu terutama untuk daerah yang sulit mendapatkan jaringan internet, kemudian diupload.

Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi, cukup dengan mengcopy folder yang berisi file-file berikut:

1.    BIODATA UN. Exe

2.    msvsc71.dll

3.    vfp9r.dll

4.    vfp9renu.dll

5.    vfp9t.dll

6.    foxypreview.app

7.    ReportBuilder.app

8.    ReportOutput.app

9.    ReportPreview.app

10.  Kompetensi.dbf  ( Khusus untuk keperluan SMK )

Syarat-syarat penggunaan aplikasi yang dianjurkan sebelum pendataan :

-          Siapkan PC dengan OS Windows XP atau versi sesudahnya Windows 7 ( instalasi lengkap )

-          Pastikan media datanya/harddisk masih cukup untuk menampung data

-          Memori computer yang memadai

A.   PERSIAPAN

Sebelum melakukan entri data, pastikan bahwa :

1.  sudah mendownload file dari data base pusat yang bernama : rayon11_xxU.dbf dan sek11_xx01U.dbf ( xx = kode propinsi ) dan Kompetensi.dbf.  File ini tidak boleh menggunakan file yang bukan dari data base pusat. alamat web menyusul.

2.  Buat folder untuk area kerja pendataan ( missal : Data-UN11A )

Copykan file berikut ke dalam folder Data-UN11A :

- BIODATA UN. Exe

- msvsc71.dll

- vfp9r.dll

- vfp9renu.dll

- vfp9t.dll

- foxypreview.app

- ReportBuilder.app

- ReportOutput.app

- ReportPreview.app

- Kompetensi.dbf       > Khusus untuk keperluan SMK saja, SMP dan SMA tidak memerlukan.

3.  Buat sub folder Dataprg  pada folder Data-UN11A

4.  Copy file rayon11_xxU.dbf, sek11_xx01U.dbf dan Kompetensi.dbf  hasil download di Dataprg.

Struktur Folder yang baku untuk pendataan Peserta Ujian Nasional

-          Posisi/Drive bisa di mana saja : Drive C, D, E atau lainnya

-          Foldernya  \ Data-UN11A\04-01\Biodata

\04-02\Biodata

\Dataprg

5.  Sudah tersedia data awal yang akan dipakai sebagai dasar rujukan kebenaran data. Urutkan data manual mulai dari kelas paralel terkecil.

Untuk menjalankan aplikasi, cukup klik2x file BIODATA UN.Exe dan aplikasi akan menampilkan kotak dialog seperti berikut ini ( User ID dan Password masih kosong )

Untuk ID dan passwordnya bisa di minta ke Dinas Pendidikan Kabupaten. Biasanya password dan IDnya adalah ADMIN  dan passwordnyapun ADMIN

kembali kepermasalahan yang ada diatas, sebenarnya software ini menyusahkan ? tetapi mempermudah ?

KENAPA ? 
Menyusahkan karena jika sekolah yang jaraknya sangat jauh ke kota untuk mengakses Internet walaupun menggunakan flash atau Modem untuk conection internetnya ? apakah signal didalam kampung tersebut sudah sampai ? jika belum bagaimana ? seharusnya pemerintah sudah bisa memikirkan hal tersebut walaupun banyak yang tidak mengetahuinya anggaran dana untuk input data ini berapa, contohnya saya sudah beberapa tahun mengemban Honor belum juga masuk Honor daerah dengan gaji yang sangat minim Rp. 150.000 /bulan dan pekerjaan tidak sebanding.  Yah mesti bagaimana lagi karena moto saya adalah mencerdaskan anak bangsa. bukan untuk memperburuk anak bangsa yang diciptakan sedemikian rupa oleh pengajar-pengajar yang tidak seharusnya menjadi pengajar yang layak untuk diciptakan. :p
 
Silahkan untuk mandownload panduannya disini
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar