Verval NISN 2014 Alamat vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/home

NISN merupakan data individu peserta didik (NISN) yang telah tervalidasi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Seperti diketahui NISN siswa di verval datanya berasal dari hasil sinkronisasi dapodikdas & PDSP.

Verval Peserta Didik diperlukan untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Peserta Didik tersebut adalah BENAR siswa yang berada pada SEKOLAH tersebut. Oleh karenanya, jauh-jauh hari sebelumnya telah disampaikan bahwa agar OPS segerah membenahi data peserta didik masing-masing di app DAPODIKDAS karena pada app DAPODIKDAS versi 207, data peserta didik (khususnya NAMA dan TANGGAL LAHIR) akan terkunci pada aplikasi tersebut. Hal tersebut diberlakukan, salah satu tujuannya adalah untuk persiapan perbaikan dan penerbitan NISN Baru bagi peserta didik yang belum memiliki NISN.

Untuk melakukan verval peserta didik ini, Direktorat PSDP telah meluncurkan aplikasi Full Online yang bernama VERVAL PESERTA DIDIK (silahkan klik link ini:http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login ) atau bisa juga klik gambar berikut. Aplikasi ini dapat dipergunakan oleh Operator Sekolah dengan menggunakan username dan passwoard yang sama ketika akan mengaktifkan aplikasi DAPODIKDAS masing-masing.

Akan Muncul Tampilan login



Aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK ini terdiri dari beberapa kolom aplikasi yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu HOME, REFERENSI, RESIDU, dan SYSTEM.


  1. Kolom HOME : menampilkan informasi tentang aktifitas verbal peserta didik se Indonesia yang dilakukan oleh OPS dan ditampilkan dalam bentuk diagram
  2. Kolom REFERENSI : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data Peserta Didik dan NISN yang dikategorikan telah VALID antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP.
  3. Kolom RESIDU (Data Penampungan yg perlu verfikasi): menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data NISN Peserta Didik yang memerlukan proses verifikasi dan validasi peserta didik karena data peserta didik tersebut berbeda antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP sehingga dibutuhkan tindakan verifikasi dan validasi dari OPS sekolah yang bersangkutan. Untuk melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik ini, pada kolom RISIDU telah disiapkan 2 tombol verifikasi, yaitu tombol MACTH (untuk data yg sudah sesuai dengan data di DAPODIKDAS dan telah memiliki NISN namun PD tersebut mengalami perubahan data sehingga berbeda dengan data yg ada di server PDSP) dan tombol NOT MACTH (untuk PD yang belum memiliki NISN)
  4. Kolom SYSTEM : kolom ini memiliki tombol logout yang digunakan ketika penggunakan aplikasi ini akan keluar dari aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK


homereferensiDATA RESIDU

PEMBAHASAN LEBIH RINCI TENTANG TOMBOL “Not Match” DI TAB RESIDU

Kita klik nama siswa lalu nanti akan ada lingkaran loading/please wait, untuk siswa baru (Kelas 1 SD & yg belum mendapatkan NISN dr sejak kelas 1) maka akan langsung muncul Not Match meski diantaranya akan muncul siswa-siswa lain (itu dikarenakan ada kemiripan nama dgn siswa di sekolah lain) & juga Not Data Display. Tetapi itu tidak masalah tinggal klik saja Not Match. Loh ko langsung klik Not Match ? ya karna sudah dipastikan untuk siswa kelas 1 SD belum mempunyai NISN, juga bagi Siswa yang dari kelas 1 belum mendapatkan NISN atau juga siswa yg perasaan sudah punya NISN tetapi muncul Not Match & di search pun tidak ada yang sama. Ya tinggal klik saja Not Match

residu 1

PEMBAHASAN UNTUK TOMBOL “Match” DI TAB. RESIDU

Nah, untuk yang ini adalah penyesuaian data yg sudah atau terdaftar di database PDSP. Pertama kita kita klik siswa (biasanya ini siswa kelas atas bukan siswa baru/kls 1). Jadi ketika kita mengklik nama siswa maka akan muncul siswa dan search. Untuk memastikan kita akan disuguhkan dgn nama-nama siswa tetai bila tidak sesuai kita klik search lagi. Bila ditemukan namanya mirip sperti gambar diatas maka kita ceklis dulu lalu klik Match (yang artinya data sudah benar/akur/sesuai dan perlu dipindahkan ke referensi dan sudah terdaftar mempunyai NISN) tetapi bila di search tdk muncul juga , itu berrati dipastikan belum mempunyai NISN jadi itu caranya harus meng’KLIK Not Match (untuk dibuatkan NISN).

residu 2

Biasanya yang Match ini, karna perbedaan nama seperti di atas, misalnya di dapodik terdaftar Nur Alam Herlina Putri (karna di Aktenya namanya itu/harus lengkap) tapi di Database terdaftar Nur Alam Herlina P. Jadi bisa disimpulkan yang terdaftar di database PDSP bila di Match maka data NISNnya akan menyesuaikan namanya dengan yg ada di dapodikdas.

Ending, kita akan ke Tab Referensi.
Bagi yang datanya di Tab Residu stelah di Matching atau Not Matching akan muncul di Tab Referensi yg datanya sudah Valid atau tak ada masalah.Akan muncul sperti gambar dibawah ini.

ending

Untuk memudahkan proses verifikasi dan validasi data Peserta didik, disarankan untuk mengunduh absensi peserta didik di dapodikdas.. lihat tab yg kelas 1 dulu lalu pindah ke kelas berikutnya.. terus lihat di menu residu, kalau ada di daftaran menu residu.. silahkan klik tombol verifikasi (match dan Not macth) berdasarkan fungsi masing-masing tombol.

INFO SUMBER DARI GOOGLE
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar