INI PANDUAN DAN SOLUSI ATAU MENGATASI MASALAH TERDETEKSI VERSI 2.42 PADA APLIKASI DAPODIK 3.0.0 / DAPODIKDAS 3.0.0

Seperti yang telah dijelaskan dalam panduan intsalasi dapodik 3.0.0 / dapodikdas 3.0.0 bahwa
Sebelum melakukan instal versi generasi ke 3 tersebut (Dapodik 3.0.0), jika di laptop operator sekolah sudah terinstal dapodik 2.0.8 maka wajib untuk dilakukan uninstal/deinstal terlebih dahulu.

Kenapa? 
Jika aplikasi dapodik 2.0.8 tidak diuninstal terlebih dahulu dan kemudian ditimpa dengan aplikasi dapodik 3.0.0 maka akan terjadi crash dan gagal instal. Maka perlu ditekankan dapodik versi 2.0.8 WAJIB DIUNINSTAL terlebih dahulu sebelum dilakukan INSTAL dapodik 3.0.0.

Bagaimana Cara Uninstal Dapodik 2.0.8
Untuk melakukan uninstal dapodik 2.0.8 kita bisa mengikuti cara yang terdapat di panduan (manual book) dapodikdas 3.0.0. Secara singkatnya silahkan para OPS masuk ke Control Panel dan pilih Uninstal Program. Klik "Dapodikdas" kemudian klik"Uninstal".

Perhatian Sebelum Uninstal Dapodik 2.0.8 !!! 
Tapi perlu diketahui, sebaiknya sebelum OPS melakukan uninstal terhadap Aplikasi dapodik 2.0.8 pastikanlah bahwa semua data update terakhir telah tersinkron ke server. Hal ini bertujuan supaya pada saat kita generate Prefill untuk melakukan restore Data, maka data yang terdapat di dalam Prefill tersebut adalah data yang terakhir / valid (benar).

Generate Prefill Terbaru
Lakukan generate prefill dapodik terbaru melalui link :
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
dengan memasukkan Kode Registrasi Sekolah, setelah digenerate maka silahkan download hasil generate tersebut di :http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill
Masukkan kembali kode Kode Registrasi Sekolah, kemudian klik download. Simpan.

Barulah kita Uninstal Aplikasi Dapodikdas 2.0.8 

Buat Folder prefill_dapodik di Drive C: Laptop OPS
Setelah OPS melakukan generate prefill dan mendownloadnya, maka serakang buatlah folder prefill_dapodik di drive C: laptop. Langkah ini dilakukan apabila pada Drive C: belum ada folder prefill_dapodik. Jika sudah ada, OPS hanya tinggal mengganti prefill dapodik lama dengan prefill dapodik yang terbaru.

Ada hal yang perlu diketahui lagi, Prefill dapodik yang baru tidak bisa tidak bisa digunakan untuk aplikasi dapodik 2.0.8 (dapodik lama) begitu juga sebaliknya. 


Selanjutnya?
Nah, jika proses uninstal pada dapodik 2.0.8 sudah dilakukan, maka kita lanjut ke proses instalasi dapodikdas 3.0.0. Tatacara instalasi dapodik terbaru ini sama halnya seperti instalasi pada dapodik lama.

Masalah dan Solusi Dapodik 3.0.0
Pertama
Klik Untuk memperbesar

Masalah pertama yang terjadi pada saat selesai instal dapodik dan setalah login adalah :

Setelah login ke Aplikasi dapodik 3.0.0 muncul tulisan Terdeteksi versi database 2.42. Sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan. SIlahkan hubungi TIM Teknis. Terima Kasih.

Untuk mengatasi hal tersebut, seperti biasa kita hanya perlu melakukan refresh page (tekan F5) berulang-ulang sampai tampilan dapodik 3.0.0 kembali normal.

Kedua 
Untuk masalah yang kedua, pada saat kita login menggunakan tahun ajaran terbaru yaitu tahun ajaran 2014/2015 maka pada halaman depan akan tertulis Kepsek belum dipilih. Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa dicoba dengan cara edit PTK dan mengedit jam tambahan untuk PTK yang menjabat sebagai Kepala Sekolah.

Mungkin untuk saat ini hanya dicukupkan sekian, jika ada pertanyaan ataupun penambahan silahkan tinggalkan pertanyaan saudara Bapak/Ibu Guru/OPS di kotak komentar. Semoga tulisan Panduan dan Solusi atau Mengatasi Masalah Terdeteksi versi 2.42 pada Aplikasi Dapodik 3.0.0 / Dapodikdas 3.0.0 ini bermanfaat bagi rekan semua. Amiin.

Sumber : Google
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar