Google Maps dan Google Cultural Institute Beri Pengalaman Baru

Hari ini, bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia, Google mengumumkan bahwa gambar Street View pertama dari Candi Borobudur kini tersedia untuk diakses melalui Google Maps. Dengan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan Dasar & Menengah dan Kebudayaan, serta Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Google juga mempublikasikan gambar dari 10 candi lain di sekitarnya, memungkinkan semua orang untuk mengapresiasi tempat bersejarah ini hanya dengan berbekal koneksi Internet.


Google Maps dan Google Cultural Institute Beri Pengalaman Baru 
Jelajahi Borobudur dan Warisan Budaya Indonesia

Yang berbeda dari peluncuran gambar Street View sebelumnya, Google juga menyertakan peluncuran Google Cultural Institute untuk Indonesia. Jadi setelah pengguna ‘berjalan’ mengeksplor Borobudur melalui Google Maps, mereka bisa mempelajari budaya dan sejarah candi Borobudur lebih dalam lagi dengan di situs Cultural Institute. Hari ini, ada sekitar 200 artefak kebudayaan dari koleksi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta Museum Nasional Indonesia yang bisa diapresiasi secara online melalui Google Cultural Institute. Pengguna bisa melihat “Mahakarya Borobudur” dan “Kisah Visual Ramayana” lewat 9 eksibisi yang diluncurkan hari ini.  

“Misi Google adalah untuk mengorganisasi informasi dunia, membuatnya mudah diakses dan bermanfaat bagi semua orang. Dengan menghadirkan gambar Street View Borobudur dan kisah sejarah di Cultural Institute untuk pertama kalinya, kami berharap ini bisa membantu pelestarian budaya dan sejarah bagi generasi penerus bangsa, dan menginspirasi lebih banyak orang di Indonesia dan seluruh dunia untuk mengunjungi dan mengapresiasi warisan budaya bangsa kita,” kata Shinto Nugroho, Head of Public Policy & Government Relations, Google Indonesia. 

Di hari yang sama, Google juga meluncurkan gambar Street View dari empat kota besar di Indonesia, seperti Lampung, Lombok dan area metropolitan lainnya. Pengguna di Indonesia dapat terus memanfaatkan gambar panorama 360˚ ini untuk melihat destinasi sebelum tiba di tujuan, menentukan panduan mengemudi, atau untuk mengenal kota tempat tinggalnya dengan lebih dalam lagi. Dan mulai hari ini, semua orang di seluruh penjuru dunia dapat merasakan pengalaman berada di Indonesia dengan bantuan teknologi, mengenal keunikan budaya nusantara, sembari melestarikan peninggalan sejarah untuk generasi mendatang.



Selamat mengeksplor, Indonesia!
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar