KUNJUNGI WEB SAYA

Himpunan Pustakawan Purwakarta

Setelah semalam mengadakan hima pertama kali, ternyata betul teknologi Informasi erat kaitannya dengan Perpustakaan. makadari itu saya akan selalu menginformasikan disini, tentang perpustakaan berbasis Teknologi Informasi. sebelum berkiprah ke namanya Teknologi Informasi kita harus mengenal dulu apa itu artinya Informasi, Kata Informasi dalam Oxford Advanced Learners's    Dictionary of Current English (1980: 437), diartikan sebagai  sesuatu yang diberitahukan, pengetahuan, dan berita. Sedang dalam  Ilmu Informasi, kata-kata "Informasi", "pengetahuan", dan "berita" dibedakan. Menurut Teskey (dalam Pendit,1992) data adalah hasil observasi langsung terhadap suatu kejadian, yang merupakan perlambangan yang mewakili objek atau konsep dalam dunia nyata, yang dilengkapi dengan nilai tertentu; Informasi adalah kumpulan data yang terstruktur, yang disampaikan seseorang kepada orang lain. Sedangkan berita menurut Arifin (1997), adalah informasi yang menarik,  penting, dan belum pernah didengar.

Besar harapan saya untuk membentuk suatu komunitas Pustakawan Purwakarta yang berbasis teknologi dan mempunyai halamannya sendiri tiap pustakawan, sebelum saya berkiprah hal tersebut saya akan memberikan contoh disini di blog gratis ini karena untuk membuat blog prabayar itu dibutuhkan teknik-teknik lanjutan seperti halnya blog halaman saya sendiri disini http://e-kuta.com tetapi saya tidak memfokuskan untuk hal-hal perpustakaan dan dunia IT :D , mudah-mudahan Ilmu yang saya dapat dari mengemban kuliah Teknik Informatika sebelum kuliah di Perpustakaan, saya bisa membantu pustakawan yang ngeblog untuk menginformasikan tentang perpustakaan.

Kenapa Pustakawan sekarang harus berbasis teknologi ? karena Khusus di  bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi  Sulistyo-Basuki  menyatakan bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, mengolah, menghasilkan, dan menyebar- luaskan informasi.
Akar dari teknologi informasi pada masa sebelum  ada komputer digital adalah telekomunikasi dan sistem audio-video. Kemudian dengan adanya komputer digital telah membentuk beberapa cabang  baru.
Dengan adanya kemajuan-kemajuan teknologi, saat ini cakupan Teknologi informasi meliputi :
  1. Telekomunikasi. Contoh penerapannya yaitu : adanya Teleconference atau yang sekarang dikenal dengan nama Trimitra; Telkom Memo; Lacak, dll
  2. Komputer,  termasuk mikrobentuk. Contohnya yaitu, perlindungan data, sistem pakar,  komunikasi suara dengan bantuan komputer.
  3. Jaringan digital, contohnya antara lain adanya  surat elektronik, sistem informasi,  jaringan informasi /Audio dan video, termasuk  sistem komunikasi optik. Contoh : Video Conference, Video-teks ,dll.

saya akan lanjutkan artikel ini nanti, soalnya saya mau kerja dulu :D
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar